DetikNews
Minggu 24 Maret 2019, 18:55 WIB

Round-Up

Heboh Mahasiswa Ngaku Pilot di Bandara Soekarno-Hatta

Kanavino Ahmad Rizqo - detikNews
Heboh Mahasiswa Ngaku Pilot di Bandara Soekarno-Hatta Foto: Pilot gadungan (dok.Istimewa)
Jakarta - Seorang mahasiswa bernama Alvin Aditya Darmawan membuat heboh calon penumpang di Bandara Soekarno-Hatta. Alvin berpakaian dan mengaku pilot pesawat Garuda Indonesia.

Alvin diamankan di area SCP2 Bandara Soekarno-Hatta pada Jumat (22/3/2019). Awalnya, Alvin dicurigai oleh seorang pilot asli, Kapten Andregema.

Saat itu, Alvin check-in melalui petugas Pasasi Gapura Angkasa atas nama Agung Sudara. Di saat yang bersamaan, Andregema yang sedang mengantar keluarganya menaruh curiga terhadapnya.

"Dikarenakan dari celana, sepatu dan tas yang digunakan tidak sesuai dengan Pilot Garuda yang sebagaimana mestinya," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono dalam keterangannya kepada detikcom, Minggu (25/3/2019).

Karena mencurigakan, Andregema dan petugas Avsec Gapura yang bertugas di SCP2 memeriksa Alvin. Petugas kemudian menginterogasi Alvin dan menanyakan tujuan penerbangan serta 'pekerjaannya' di Garuda.



"Atas pertanyaan tersebut, yang bersangkutan menjawabnya tidak clear dan mencurigakan, dan setelah dilakukan pemeriksaan barulah diketahui bahwa saudara Alvin Aditya Darmawan menggunakan Id Card pilot palsu yang dibeli melalui online," terang Argo.

Selanjutnya, Alvin dibawa ke Polresta Bandara Soekarno-Hatta. Alvin kemudian ditahan setelah menjalani pemeriksaan intensif di Polresta Bandara Soekarno-Hatta.



"Ditahan atas perkara pemalsuan kartu identitas air crew Garuda," kata Kasat Reskrim Polresta Bandara Soekarno-Hatta Kompol James Hutajulu saat dihubungi detikcom, Minggu (24/3/2019).

Alvin bergaya dan mengaku sebagai pilot karena terobsesi untuk menjadi pilot. Sejak duduk di Sekolah Menengah Atas (SMA), Alvin bercita-cita untuk menjadi seorang pilot.

"Yang bersangkutan terobsesi jadi pilot. Sewaktu lulus SMA yang bersangkutan pernah daftar pilot, tetapi gagal," katanya.

Alvin saat ini tercatat sebagai mahasiswa di Semarang, Jawa Tengah. Saat diamankan, Alvin tadinya hendak terbang ke Semarang.


(mei/tor)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed