DetikNews
Sabtu 23 Maret 2019, 21:14 WIB

Mensos Beri Bantuan Rp 781 Juta untuk Korban Kebakaran Krukut Jakbar

Rol - detikNews
Mensos Beri Bantuan Rp 781 Juta untuk Korban Kebakaran Krukut Jakbar Mensos Agus Gumiwang di lokasi kebakaran Krukut Jakarta Barat Foto: Rolando/detikcom
Jakarta - Menteri Sosial (Mensos) Agus Gumiwang Kartasasmita menyambangi lokasi kebakaran di wilayah Krukut, Tamansari, Jakarta Barat. Dalam kesempatan itu Agus menyerahkan bantuan dari Kemensos senilai Rp 781 juta.

"Ini sudah 2 tahap bantuan dari Kementerian Sosial untuk korban di Krukut ini. Ini merupakan satu bentuk perhatian dari pemerintah. Kami sudah dalam 2 tahap tersebut sudah sekitar Rp. 781.000.000," kata Agus di Jalan Thalib, Krukut, Tamansari, Jakarta Barat, Sabtu, (23/3/2019). Di lokasi turut hadir Dirjen Perlindungan Jaminan Sosial Kemensos Harry Hikmat.


Bantuan Rp 781 juta tersebut terdiri dari tiga tahap. Masing-masing, bantuan logistik tahap 1 Rp 462.718, bantuan logistik tahap 2 Rp 268.400.000 dan bantuan pembangunan rumah Rp 50.000.000. Kemensos sendiri telah menyalurkan bantuan berupa makanan siap saji, kebutuhan bayi, ibu-ibu, hingga tenda.

Mensos Agus Gumiwang di lokasi kebakaran Krukut Jakarta BaratMensos Agus Gumiwang di lokasi kebakaran Krukut Jakarta Barat Foto: Rolando/detikcom

"Jadi kita sudah menyalurkan Rp 781.000.000 untuk Krukut, dan kami terbuka apabila nanti akan ada kebutuhan lain, termasuk ada bantuan stimulan untuk membangun kembali rumahnya. Nanti saya minta kepada Pak RW disampaikan kepada Dinas sosial apabila ada kebutuhan yang lebih untuk stimulan batuan perumahan untuk warga yang terdampak bencana," ujarnya.


"Kita semua harus verivali (verifikasi validasi) dulu, rumahnya seperti apa, terus rusak seperti apa, baru kita rumuskan bantuan seperti apa. Yang namanya bantuan, artinya kita ingin supaya ada stimulan bagi keluarga yang terdampak rumahnya dari kebakaran ini, stimulan setidaknya bisa membantu mereka untuk membangun tempat tinggal rumahnya," sambung Agus.

Mensos Agus Gumiwang di lokasi kebakaran Krukut Jakarta BaratMensos Agus Gumiwang di lokasi kebakaran Krukut Jakarta Barat Foto: Rolando/detikcom

Mensos berharap bantuan tersebut bisa bermanfaat bagi para warga yang terdampak kebakaran. Dia sendiri merasa bersyukur karena ada banyak korban yang tidak tinggal di tenda pengungsian lagi karena bisa ditampung keluarga. Mensos menyatakan, Kemensos siap memberikan bantuan, termasuk layanan psikososial, semacam trauma healing bagi anak-anak. Selain itu juga perbaikan rumah-rumah warga yang terdampak.

Mensos Agus Gumiwang di lokasi kebakaran Krukut Jakarta BaratMensos Agus Gumiwang di lokasi kebakaran Krukut Jakarta Barat Foto: Rolando/detikcom

"Kementerian Sosial nanti menunggu data dari Dinsos terhadap kerusakan rumah akibat kebakaran di Krukut. Saya dengar ada sekitar 220 rumah, tapi nanti itu mohon kepada Pak RW, lurah, dan camat, dan para Dinsos untuk memberikan verivali kepada kami. Dan kalo sudah kami verivali, kami akan bantu per rumah sebagai dana stimulan sekitar Rp. 10.000.000 akan kami bantu meringankan korban untuk membangun kembali rumahnya," ucapnya.
(hri/hri)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed