detikNews
Sabtu 23 Maret 2019, 20:38 WIB

Dialog dengan Santri API, Jokowi Diberi Tulisan 'Ojo Nesu'

Andhika Prasetia - detikNews
Dialog dengan Santri API, Jokowi Diberi Tulisan Ojo Nesu Foto: Jokowi di Magelang. (Andhika-detikcom)
Magelang - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mendapatkan tulisan 'jangan lupa bahagia' dan 'ojo nesu (jangan marah, red)' dari seorang santri di Ponpes Asrama Perguruan Islam (API) Magelang. Santri tersebut bernama Bisri Musthofa alias Bisma.

"Kenapa berani nulis jangan lupa bahagia? Untuk siapa?" ujar Jokowi di Ponpes API, Tegalrejo, Magelang, Jawa Tengah, Sabtu (23/3/2019).

"Untuk kita semua pak. Khususnya untuk njenengan (Anda, red) karena berkat njenengan santri diakui," kata Bisma.


Jokowi menegaskan dirinya selalu mensyukuri segala pemberian Allah SWT. Bisma pun menjelaskan maksud bahagia yang ia tulis.

"Bahagia itu taat ibadah kepada Gusti Allah. Takzim kaleh pemerintah. Nderek kalih syekh. Selalu tersenyum dalam keadaan apa pun," ujar Bisma.

Jokowi kemudian meminta Bisma menjelaskan maksud tulisan 'ojo nesu' dan Bisma memberikan contoh sudah lama menunggu kehadiran Jokowi. Mantan Gubernur DKI ini menjelaskan bahwa dirinya menjalani aktivitas padat.

"Apa yang ingin saya sampaikan jadwalnya padat sekali. Sekali meleset sedikit semua acara terlambat. Yang keliru bukan saya. Yang ngatur," kata Jokowi.


Jokowi kembali bertanya maksud 'ojo nesu'. Kali ini, Bisma tampak deg-degan.

"Ojo nesu jangan marah. Karena segala sesuatu yang dibawa dengan emosi dan dipikir dengan marah akan hasilkan tidak baik," tutur Jokowi.
(dkp/idh)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed