DetikNews
Sabtu 23 Maret 2019, 17:41 WIB

Soal Jual Beli Jabatan di Kemenag, TGB: Kasus Hukum Bisa Menimpa Siapa Saja

Iswahyudi - detikNews
Soal Jual Beli Jabatan di Kemenag, TGB: Kasus Hukum Bisa Menimpa Siapa Saja Foto: TGH Zainul Majdi atau Tuan Guru Bajang (TGB). (Grandyos Zafna-detikcom)
Jakarta - KPK masih menyelidiki kasus dugaan suap pengisian jabatan di Kementerian Agama (kemenag) yang melibatkan Ketum PPP Romahurmuziy. Ketua Korbid Keummatan Partai Golkar TGH Zainul Majdi atau Tuan Guru Bajang (TGB) mengatakan kasus hukum bisa terjadi kepada siapa saja.

"Saya pikir jangan kita memotret sesuatu hanya saat ini saja. Kita Lihatlah dari beberapa waktu pemberantasan korupsi di Indonesia itu ke belakang bisa menimpa siapa saja yang masalah hukum. Ada institusi-institusi negara yang oknum-oknum di dalamnya terlibat kita serahkan ke penegak hukum," kata TGB di Gedung Manggala Wanabakti, Jl Gatot Subroto, Jakarta, Sabtu (23/3/2019).
TGB tidak setuju jika menyebut satu institusi saja. Sebab, katanya, korupsi bisa saja menimpa siapa pun.

TGB berharap penegakan hukum diperkuat. Selain itu, kesadaran dan taat hukum juga perlu dibangun sejak dari keluarga.

"Harapan saya sistem semakin kuat dan penegakan hukum semakin diperkuat dengan sumber daya yang sangat banyak lebih baik dan saat yang sama juga budaya hukum dibangun terus mulai dari keluarga sekolah bagaimana kita taat pada hukum," ujarnya.
KPK menetapkan Rommy sebagai tersangka karena diduga menerima duit Rp 300 juta dari Kepala Kantor Kemenag Gresik Muhammad Muafaq Wirahadi dan Kakanwil Kemenag Jawa Timur Haris Hasanuddin. Rinciannya, Rp 50 juta dari Muafaq dan Rp 250 juta dari Haris.

Duit itu diduga ditujukan agar Rommy membantu proses seleksi kedua orang tersebut. Namun KPK menduga Rommy bekerja sama dengan aktor internal dari Kemenag, mengingat posisi Rommy adalah anggota Komisi XI DPR, yang tidak punya kewenangan dalam pengisian jabatan di Kemenag.



Tonton juga video Rommy Bantah Terlibat Jual Beli Jabatan:

[Gambas:Video 20detik]


(idh/hri)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed