DetikNews
Sabtu 23 Maret 2019, 15:54 WIB

BPN Terbitkan Maklumat Minta Emak-emak Buat Dapur Umum Saat Pencoblosan

Mochamad Zhacky - detikNews
BPN Terbitkan Maklumat Minta Emak-emak Buat Dapur Umum Saat Pencoblosan Prabowo-Sandiaga (Rifkianto Nugroho/detikcom)
Jakarta - Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno menerbitkan maklumat berisi arahan untuk para timses, partai pendukung, relawan, dan emak-emak. Salah satu arahan yang disampaikan dalam maklumat tersebut adalah meminta emak-emak membuat dapur umum.

Juru bicara BPN Prabowo-Sandiaga, Andre Rosiade, mengatakan maklumat tersebut pada intinya meminta semua pihak di kubu paslon nomor urut 02 itu menjaga tempat pemungutan suara (TPS). Andre menyebut pihaknya meyakini Prabowo-Sandiaga akan menang di Pilpres 2019.

"Iya (keluarkan maklumat). Kan isinya bagus, kan nggak ada yang salah isinya. Menjaga TPS, mengajak seluruh pendukung, relawan jaga TPS. Lalu emak-emak bikin dapur umum untuk membantu konsumsi teman-teman kan," kata Andre saat dimintai konfirmasi soal maklumat yang beredar, Sabtu (23/3/2019).




"Saya rasa nggak ada masalah kan. Kita kan harus menjaga karena kami menyakini Pak Prabowo menang. Yang bisa mengalahkan Pak Prabowo itu kecurangan," imbuhnya.

Maklumat bernomor 01/MAK/BPN-PS/III/2019 diterbitkan pada Jumat (22/3) kemarin. Terdapat juga tanda tangan Ketua BPN Djoko Santoso dan Sekretaris BPN Hanafi Rais.

Andre menuturkan dalam maklumat tersebut juga diarahkan agar tim Prabowo-Sandiaga menjaga TPS hingga pemungutan suara selesai. Bahkan, sebut Andre, pihaknya juga akan menginap di kantor kecamatan demi mengantisipasi terjadinya kecurangan.




"Untuk itu, kami harus menjaga TPS, mulai dari pagi prosesnya, lalu pas penghitungan suaranya. Jangan sampai pas penghitungan suara, kertas suara dirusak dengan jari atau cincin yang ada jarumnya, itu harus jaga kan. Jangan sampai surat suara jadi tidak sah," jelasnya.

"Lalu, saat penghitungan, kita akan jaga satu per satu kecamatan dan kami akan menginap di kantor kecamatan. Jadi kami ini ingatkan, bagi Anda yang ingin melakukan kecurangan, Anda akan berhadapan dengan masyarakat. Jadi jangan pernah Anda mengirimkan pemilih-pemilih siluman, kalau kami ketemu kami akan tangkap," sambung politikus Gerindra itu.

Berikut ini isi maklumat BPN Prabowo-Sandiaga:

Maklumat
Badan Pemenangan Nasional Prabowo Sandi
Tentang
Perjuangan Akhir Menuju Indonesia Adil dan Makmur

Bahwa dalam rangka pemenangan Calon Presiden H. Prabowo Subianto dan Calon wakil presiden H. Sandiaga Salahuddin Uno pada 17 April 2019, saat ini kita berada pada tahap akhir perjuangan mencapai cita-cita luhur bangsa mewujudkan Indonesia Adil dan Makmur. Maka dengan ini, Badan Pemenangan Nasional Prabowo Sandi mengeluarkan Maklumat kepada seluruh komponen Badan Pemenangan Provinsi dan Kabupaten/Kota, Partai Pendukung Koalisi Indonesia Adil dan Makmur, emak-emak, relawan dan simpatisan Prabowo Sandi sebagai berikut:

1. Seluruh kekuatan komponen pemenangan Prabowo Sandi agar terus bekerja keras, ikhlas dan selalu sertakan doa dalam ibadah masing-masing untuk meraih kemenangan yang sudah di depan mata.
2. Pertahankan Soliditas dan Solidaritas seluruh elemen perjuangan dalam mengawal jalannya pesta demokrasi.
3. Saksi kawal TPS dan Relawan siap di tempat, sebelum dan selama pencoblosan, penghitungan dan pencatatan jumlah perolehan suara dan pastikan semua dilaksanakan sesuai aturan serta ketentuan yang berlaku.
4. Badan Pemenangan Daerah Prabowo Sandi tingkat Kabupaten/Kota, Kecamatan, Desa/Kelurahan dan TPS melaksanakan tugas dan fungsinya pada tanggal 17 April 2019 mulai pukul 06.00 hingga kegiatan penghitungan dan pencatatan selesai.
5. Badan Pemenangan Daerah, Relawan, Pejuang Partai Koalisi Indonesia Adil Makmur, simpatisan dan keluarga datang ke TPS menggunakan busana bernuansa PUTIH.
6. Ciptakan suasana lingkungan yang aman dan kondusif dengan ikut serta melaksanakan ronda malam di lingkungan setempat tiga hari sebelum hari pencoblosan guna mencegah terjadinya tindak pelanggaran yang mencederai demokrasi.
7. Emak-emak, relawan dan simpatisan pemenangan Prabowo Sandi menyelenggarakan DAPUR UMUM untuk memberikan dukungan logistik kepada tim Prabowo Sandi yang bertugas di TPS.

Demikian Maklumat ini untuk dipahami dan dilaksanakan oleh semua pihak.

Dikeluarkan di Jakarta
Pada Tanggal 22 Maret 2019






Tonton juga video TKN dan BPN Sepakat Ciptakan Pemilu yang Berkualitas:

[Gambas:Video 20detik]


(zak/hri)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed