DetikNews
Sabtu 23 Maret 2019, 14:36 WIB

Bawaslu Investigasi Laporan soal Mobil Pelat TNI di Kampanye Prabowo

Nur Azizah Rizki Astuti - detikNews
Bawaslu Investigasi Laporan soal Mobil Pelat TNI di Kampanye Prabowo Ketua Bawaslu Abhan (Azizah/detikcom)
Jakarta - Bawaslu akan menginvestigasi lebih lanjut soal laporan mobil dinas pelat TNI yang mengangkut logistik di acara kampanye relawan capres Prabowo Subianto. Bawaslu akan menyampaikan keputusan soal laporan itu ke publik.

"Jadi kita melakukan investigasi nanti. Dan kami kan punya waktu untuk bisa melakukan investigasi, pengumpulan, dan nanti akan membuat kajian apakah ini masuk memenuhi unsur pelanggaran pemilu atau tidak. Tentu nanti apa pun keputusan kita akan sampaikan kepada publik," kata Ketua Bawaslu Abhan di kantornya, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Sabtu (23/3/2019).
Abhan belum bisa memberi tahu apakah pihak kubu Prabowo-Sandi akan diundang untuk dimintai keterangan. Dia juga masih merahasiakan pemilik mobil yang dimaksud.

"Kita nanti dulu, kita belum bisa menyampaikan kesimpulan itu (pemilik mobil). Itu kalau itu sudah kesimpulan," ujarnya.

TNI sebelumnya menyelidiki mobil berpelat dinas TNI yang mengangkut logistik acara relawan Prabowo-Sandiaga itu. Dari hasil penyelidikan, diketahui pemilik mobil tersebut adalah purnawirawan TNI.

"Setelah melakukan penyelidikan awal di lingkungan internal TNI, POM TNI mengembangkan penyelidikan terhadap pihak-pihak terkait di lapangan. Tidak ditemukan indikasi keterlibatan prajurit TNI dalam kasus ini," kata Kabidpenum Puspen TNI Letkol Inf Abidin Tobba dalam keterangan tertulis yang diterima detikcom, Sabtu (23/3).
Abidin menjelaskan pemilik mobil berpelat dinas TNI itu berinisial RAT. Saat pensiun, RAT tidak mengembalikan pelat mobil dinas TNI yang digunakannya semasa aktif.

"Diketahui bahwa pemilik mobil Pajero berpelat nomor dinas TNI 3005-00 adalah seorang Purnawirawan TNI, pensiun tahun 2001, berinisial RAT," jelas Abidin.

"Pada saat pensiun, yang bersangkutan mengembalikan mobil dinas, namun pelat nomor dinasnya tetap dipegang yang bersangkutan," imbuhnya.



Simak juga video Mobil Berpelat TNI Dipakai di Kampanye Prabowo, Ini Penjelasannya:

[Gambas:Video 20detik]


(azr/idh)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed