DetikNews
Jumat 22 Maret 2019, 21:55 WIB

Jawab soal Pendanaan, OK OCE Beberkan Pelatihan hingga Akses Modal ke Bank

Arief Ikhsanudin - detikNews
Jawab soal Pendanaan, OK OCE Beberkan Pelatihan hingga Akses Modal ke Bank Ilustrasi (Edi Wahyono/detikcom)
Jakarta - Perkumpulan Gerakan OK OCE menanggapi pernyataan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang menyebut tidak ada dana dari OK OCE. OKE OCE menyebut hanya memberikan kemudahan akses pinjaman modal kepada Bank DKI.

"OK OCE itu kan ada proses P1 sampai P7 ya, ada proses pendaftaran P1, P2-nya pelatihan, P3-nya pendampingan, P4-nya perizinan, P5-nya pemasaran, P6-nya pelaporan keuangan, dan P7-nya akses permodalan," ucap Ketua Umum Perkumpulan Gerakan OK OCE Iim Rusyamsi saat dihubungi, Jumat (22/3/2019).


Jadi UKM akan dibantu untuk mendapatkan akses modal kepada Bank DKI ketika sudah melewati enam proses pelatihan. Pendamping OK OCE akan memberikan rekomendasi kepada Bank DKI untuk mendapat pinjaman modal.

"Jadi bisa langsung pantau prosesnya dan mereka bisa tahu kondisi pelaku UMKM-nya dari para pendamping. Nanti pendampingnya yang merekomendasikan ini bagus, bisnisnya sudah jalan, sudah dikurasi, sudah diberikan pendampingan," ucap Iim.


Setiap anggota OK OCE bisa dibantu untuk akses permodalan maksimal Rp 10 juta. Data pada 2018, sudah ada sekitar 300 anggota OK OCE yang mendapatkannya.

"Data detailnya saya belum dapat ya, nanti melalui Bank DKI, deh. Pada 2018 hampir 250 atau 300 peserta ya, tapi saya detailnya mohon maaf, nanti saya coba cek lagi ya detailnya berapa banyak. Di awal tahun ini meningkat pencairannya," kata Iim.

Iim pun tidak menampik ada kendala saat anggota OK OCE mengajukan modal ke Bank DKI. Salah satunya adalah mereka memiliki utang kepada pihak lain.

"Karena banyak di UMKM kita uji BI checking-nya, uji SILK, Sistem Informasi Layanan Keuangan, itu banyak yang nggak layak untuk diberi pinjaman karena ternyata ada pinjaman lain yang belum beres di bank lain," kata Iim.


Sebelumnya, warga Pulau Pramuka, Kepulauan Seribu, bernama Satimah mengaku kepada Anies dana OK OCE belum cair. Anies lalu menjelaskan OK OCE tidak memiliki dana sebagai bantuan modal.

"Memang OK OCE tidak ada dana. Justru dia (Satimah) bilang terima kasih. Terima kasih sudah dilatih dengan program OK OCE. Kemudian dengan pelatihan itu, dia sekarang bisa memproduksi katering dengan baik," ucap Anies kepada wartawan.

Anies mengakui UMKM memiliki tantangan dalam aspek permodalan. Namun OK OCE tidak menangani masalah tersebut.

"Dan ekonomi mikro selalu yang menjadi tantangan adalah permodalan. Dan program itu (OK OCE) kan bukan pencairan modal," kata Anies.
(aik/gbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed