detikNews
Jumat 22 Maret 2019, 14:48 WIB

Dewan Pers Mediasi Tirto dengan TKN Jokowi

Jeffrie Nandy Satria - detikNews
Dewan Pers Mediasi Tirto dengan TKN Jokowi Dewan Pers memanggil TKN Jokowi-Ma'ruf dan Tirto. (Jefrie Nandy Satria/detikcom)
Jakarta - Dewan Pers memediasi Tirto.id dengan Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf Amin terkait meme yang diunggah akun Twitter Tirto.id soal isi debat cawapres. Tirto menyampaikan permohonan maaf secara terbuka.

"Siang ini dilakukan mediasi antara Tirto.id dan TKN. Sudah dicapai, sepakat untuk menyelesaikan masalah ini di Dewan Pers sesuai dengan prosedur yang berlaku," ujar Wakil Ketua Dewan Pers Ahmad Djauhar di gedung Dewan Pers di Jl Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Jumat (22/3/2019).

Pertemuan ini dihadiri Pemimpin Redaksi Tirto.id Sapto Anggoro serta Direktur Hukum dan Advokasi TKN Jokowi-Ma'ruf Amin, Ade Irfan Pulungan. Secara terbuka, Pemred Tirto.id menyampaikan permohonan maaf.

"Kami secara resmi di depan Dewan Pers, di depan media, di depan TKN, dan pihak mana pun yang telah merasa tercederai akibat produk jurnalistik kami yang salah itu, yang beredar itu, dengan ini saya selaku pemimpin redaksi, mewakili seluruh Tirto adalah meminta maaf secara terbuka," tutur Sapto.





Sapto mengatakan meme yang dibuat dan diunggah ke Twitter merupakan produk yang dihasilkan dalam ruang redaksi. Karena itu, Tirto.id mengakui kesalahan dan menyampaikan permohonan maaf.

Dijelaskan Sapto, redaksi setelah menyadari kesalahan langsung mencabut meme dari Twitter lalu direvisi. Hal ini disebut Sapto sesuai dengan kode etik jurnalistik.

Sementara itu, TKN Jokowi-Amin menerima permohonan maaf Tirto.id. TKN juga menyampaikan harapan agar pemberitaan tetap berpegang pada aturan main kode etik jurnalistik.


Dewan Pers memanggil TKN Jokowi-Ma'ruf dan TirtoDewan Pers memanggil TKN Jokowi-Ma'ruf dan Tirto. (Jefrie Nandy Satria/detikcom)


"Kami juga memberikan apresiasi kepada Tirto yang telah mengakui kesalahannya, yang telah mengakui keteledorannya, yang telah juga dengan sungguh-sungguh meminta maaf. Kami tidak ingin lagi ini terjadi kepada siapa pun," katanya.

TKN sebelumnya mengadukan Tirto.id terkait meme yang dinilai merugikan Ma'ruf Amin karena kesalahan isi meme. Rencananya, Dewan Pers akan membuat risalah setelah mediasi dilakukan.


Saksikan juga video 'Diduga Sebar Fitnah, Tirto.id Dilaporkan TKN ke Dewan Pers':

[Gambas:Video 20detik]


(fdn/fjp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed