DetikNews
Kamis 21 Maret 2019, 21:15 WIB

PP-Iptek Selenggarakan Discovery Camp 21-23 Maret

Jefrie Nandy Satria - detikNews
PP-Iptek Selenggarakan Discovery Camp 21-23 Maret 75 siswa SMP-SMA se-Jabodetabek mengikuti Discovery Camp yakni kompetisi keterampilan ini akan dikemas dalam bentuk perkemahan (Foto: Jefrie Nandy Satria/detikcom)
Jakarta - Pusat Peragaan Iptek (PP-IPTEK) Kemenristekdikti akan menyelenggarakan Discovery Camp. Kompetisi keterampilan ini akan dikemas dalam bentuk perkemahan.

"Kegaitan kita 3 hari, dan kami dari panitia akan bekerja profesional, dan untuk Bapak-Ibu guru, orang tua yang sempat hadir, serahkan pada kami insyallah kami akan amankan dengan baik. Anak-anak kami itu akan kami inapkan di kamp, insyallah aman, 24 jam diawasi oleh keamanan," Direktur Pusat Peragaan Iptek, M Syachrial Annas, di Gedung PP-Iptek TMII, di Jl Raya TMII, Cipayung, Jakarta Timur, Kamis (21/3/2019).


Acara yang bertema 'The Role of Youth in Communicating Science for Sustainable Development Goals (SDGs) in Indonesia' ini akan diselenggarakan hingga 23 Maret nanti. Ada sebanyak 25 kelompok yang terdiri dari 75 orang pelajar yang berasal dari 11 SMP/SMA di wilayah Jabodetabek yang berusia 13-15 tahun.

PP-Iptek Selenggarakan Discovery Camp 21-23 MaretFoto: Jefrie Nandy Satria/detikcom

Tiap kelompok terdiri dari tiga orang. Kompetisi ini mensyaratkan peserta untuk memiliki kemampuan berpikir kreatif dalam menciptakan ide-ide secara langsung, mampu berbahasa Inggris secara aktif, dan mempunyai kemampuan sosialisasi yang tinggi. Nantinya para calon saintis yang terpilih akan kembali berlomba di Thailand pada 9-15 Juni 2019.


"Kami berharap kegiatan ini tidak sekali saja, dan selalu akan kita mulai dengan proses seleksi seperti ini, baru kita bawa ke ajang internasional. Nanti ada lagi di bulan Oktober, acara seperti ini, untuk kita ke Winter Camp," tutur Syachrial.

Junior Science Odyssey (JSO) merupakan ajang kompetisi siswa usia 13-15 tahun di bidang sains terkait dengan kemampuan untuk memanfaatkan peralatan laboratorium dan melakukan pemecahan masalah terhadap suatu penelitian yang dituangkan dalam bentuk presentasi poster ilmiah. Selain itu, kegiatan JSO sebagai wadah bagi siswa dalam bersosialisasi dengan siswa dari negara lainnya.
(jbr/hri)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed