Round-Up

Kisah Romahurmuziy: Meteor yang Terjungkal

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 21 Mar 2019 09:00 WIB
Rommy (Instagram/@romahurmuziy)
Jakarta - Romahurmuziy alias Rommy digambarkan sebagai meteor yang terjungkal. Penggambaran itu dilontarkan Suharso Monoarfa sesaat setelah dikukuhkan sebagai Plt Ketua Umum PPP.

Sembari terisak, Suharso menceritakan perihal sosok Rommy. Dia tak menyangka rekan separtainya itu terjerat kasus suap hingga menjadi tersangka KPK.

"Bagi saya, Saudara Romahurmuziy itu adik saya...," ucap Suharso dalam pidatonya di Mukernas PPP di Hotel Seruni, Bogor, Jawa Barat, Rabu (20/3/2019).

"Saya tidak... tidak mengira, sungguh tidak mengira bahwa itu terjadi pada orang yang menurut saya seperti meteor, menjadi calon pemimpin bangsa di kemudian hari. Semuanya ada di beliau, kapasitas ada, capability, bibit-bebet-bobot ada, terjungkal," katanya terisak.


Bukan tanpa alasan Suharso mengibaratkan Rommy bak meteor. Sebab, menurut Suharso, sebagai calon pemimpin bangsa, pria kelahiran Sleman itu memiliki semuanya. Dari kapasitas hingga bibit, bebet, dan bobot.

Rommy, yang lahir 44 tahun lalu, tepatnya pada 10 September 1974, itu memang cukup mumpuni. Selain menjabat anggota DPR RI periode 2014-2019, kiprahnya di PPP pun cukup malang melintang.


Berikut ini profil Rommy di partai, parlemen, profesional, hingga keluarga:

1. Karier di PPP

Dalam politik, Rommy menjabat Ketua Umum DPP PPP periode 2014-2019. Dia terpilih pada Oktober 2014 dan menggantikan Suryadharma Ali dalam Muktamar VIII PPP tahun 2014 di Surabaya. Suryadharma Ali sendiri sebelumnya juga berurusan dengan KPK.

Sebelumnya, dia menjabat Sekjen DPP PPP periode 2011-2015 yang terpilih dalam Muktamar VII PPP tahun 2011. Rommy juga tercatat pernah menjadi Sekretaris F-PPP DPR RI tahun 2009-2014. Pada 2007-2014, Rommy sempat menjabat Wakil Sekjen DPP PPP.

2. Karier sebagai Anggota DPR

Rommy merupakan anggota DPR periode 2014-2019 dari PPP. Dia melenggang via daerah pemilihan Jawa Tengah VII. Pada 30 Mei 2011, duduk sebagai Ketua Komisi IV DPR mewakili Fraksi PPP yang membidangi masalah pertanian, perkebunan, kehutanan, pangan, kelautan, dan perikanan. Saat ini, Rommy duduk sebagai anggota Komisi XI DPR.

Di situs DPR RI, Rommy tercatat sebagai Ketua Fraksi PPP DPR RI tahun 2018-2019.

3. Riwayat Pekerjaan

Di bidang profesional, Romahurmuziy atau Rommy pernah menjabat Staf Khusus Menkop dan UKM Bidang Perencanaan Strategis tahun 2004-2009. Rommy, yang merupakan lulusan Institut Teknologi Bandung (ITB), pernah bekerja di sejumlah perusahaan di berbagai bidang.

4. Latar Belakang Keluarga

Pria yang akrab disapa 'Gus Rommy' itu merupakan cucu Menteri Agama RI ketujuh, KH Muhammad Wahib Wahab. Dia juga merupakan anak dari KH Prof Dr M Tolchah Mansoer, SH, yang merupakan pendiri Ikatan Pelajar NU (IPNU), anggota DPR-GR mewakili Partai NU DIY zaman Orde Lama dan Rois Syuriah PBNU 1984-1986.

5. Ketum Parpol Parlemen Termuda

Di situs romahurmuziy.com, Rommy disebut sebagai ketua umum parpol di parlemen termuda. Rommy saat ini memasuki usia 45 tahun.

"Selain menjadi ketua umum partai termuda di parlemen, Gus Rommy memiliki beberapa bakat yang mumpuni. Di antaranya bakat bermusik yang telah dijalaninya sejak duduk di bangku sekolah. Gus Rommy bahkan memiliki grup band yang dibentuk bersama teman-temannya sejak SMA, yaitu Bhinneka Svara IX," demikian tulisan dalam situs tersebut.



Saksikan juga video 'Rommy Ditangkap KPK, PDIP: Keadilan Tetap Ditegakkan':

[Gambas:Video 20detik]

(mae/aik)