detikNews
Rabu 20 Maret 2019, 13:10 WIB

Menag Siap Jelaskan ke KPK soal Duit Ratusan Juta di Laci Kerja

Lisye Sri Rahayu - detikNews
Menag Siap Jelaskan ke KPK soal Duit Ratusan Juta di Laci Kerja Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin (Foto: Lisye Sri Rahayu/detikcom)
Jakarta - Menteri Agama (Menag) Lukman Hakim Saifuddin menegaskan akan memberikan keterangan ke KPK soal duit ratusan juta yang disita dari laci kerjanya. Duit pecahan rupiah dan dolar itu disita dalam penggeledahan KPK.

"Secara etis tidak pada tempatnya saya menyampaikan hal yang saya belum saya sampaikan kepada KPK sebagai institusi resmi yang harus menerima keterangan resmi saya terlebih dahulu. Jadi saya belum akan memberikan (keterangan) ke publik," ujar Menag Lukman Hakim di kantornya, Jl Lapangan Banteng, Jakarta Pusat, Rabu (20/3/2019).


KPK kini menelusuri asal-usul uang ratusan juta dari laci kerja Menag. Uang Rp 180 juta dan USD 30 ribu ini ditemukan pada penggeledahan Senin (18/3). Penggeledahan terkait kasus dugaan suap jual-beli jabatan hasil operasi tangkap tangan (OTT) KPK terhadap eks Ketum PPP Romahurmuziy.


KPK menyatakan Romahurmuziy diduga mengatur proses pengisian jabatan untuk Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Gresik Muhammad Muafaq Wirahadi dan Kepala Kantor Wilayah Kemenag Jawa Timur Haris Hasanuddin.

KPK menyebut Haris Hasanuddin menyetor uang Rp 250 juta ke Romahurmuziy. Sedangkan Muafaq memberikan uang Rp 50 juta pada Jumat (15/3) sebelum akhirnya dilakukan operasi tangkap tangan (OTT) oleh KPK.
(fdn/fdn)


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com