Peneliti LIPI Duga Hiu di Dataran Tinggi Sentani Jenis Blacktip Reef Shark

Faiq Hidayat - detikNews
Rabu, 20 Mar 2019 07:25 WIB
Foto: Istimewa
Foto: Istimewa
Jakarta - Foto dan video munculnya ikan hiu setelah terjadinya banjir bandang di Sentani, Jayapura, Papua, bikin heboh. Peneliti LIPI Silvia Oktaviani mengatakan ada kemungkinan hiu tersebut yang lepas dipelihara warga setempat.

"Saya yakin ada campur tangan manusia di dataran tinggi yang kemungkinan adalah dipelihara orang," kata Silvia saat dihubungi, Selasa (19/3/2019).

"Kemungkinan di akuarium, terus lepas, karena ditemukan cuma beberapa dan ukuran juga kecil," imbuh dia.


Dia menyakini hiu tersebut merupakan jenis blacktip reef shark (Carcharhinus melanopterus) di area terumbu karang. Hiu tersebut bukan termasuk salah satu yang dilindungi, namun ikan itu masuk kategori hampir terancam/near threatened (NT).

"Jenis ikan di perairan di Indonesia hidup di terumbu karang bukan jenis air tawar, saya ketahui biasa hidup didaerah terumbu karang, dan beberapa kali ditemukan mangrove," tutur dia.

Dalam video viral yang beredar, tampak ada seorang pria yang memegang dua ekor ikan hiu. Dia mengatakan ikan hiu itu ditemukan di daerah pegunungan.

"Bukan di laut atau di daratan, tapi ini di pegunungan. Ada beberapa ikan hiu yang kami dapat dalam musibah banjir ini. Silakan lihat ini bukan satu kebohongan, ini kenyataan. Ini bukti kebesaran Tuhan bahwa di atas gunung juga ada ikan hiu yang besar, saudara-saudara yang ada di mana pun," kata pria bertopi merah dalam video tersebut. (fai/rvk)