DetikNews
Selasa 19 Maret 2019, 17:41 WIB

Mengenal Seiichi Miyake, Sang Penemu Blok Tenji Asal Jepang

Tim detikcom - detikNews
Mengenal Seiichi Miyake, Sang Penemu Blok Tenji Asal Jepang Mengenal Seiichi Miyake, Sang Penemu Blok Tenji Asal Jepang/Foto: iStock
Jakarta - Google Doodle merayakan Hari Blok Tenji ciptaan Seiichi Miyake. Siapa Seiichi Miyake?

Miyake merupakan penemu asal Jepang. Paving taktil atau blok tenji untuk membantu penyandang tunanetra berjalan.

Seiichi Miyake menggunakan uangnya sendiri untuk membuat blok tenji yang berwarna kuning pada 1965. Akhirnya paving taktil itu dikenalkan di sekolah untuk tunanetra di Kota Okayama pada Maret 1967. Sejak itu, sistem Miyake telah diadopsi di seluruh dunia.



Dua tahun kemudian, pada 18 Maret 1967, Kota Okayama adalah tempat pertama yang memasang penemuan ini untuk orang-orang tunanetra. Sepuluh tahun kemudian, berkat manfaat keselamatan dan navigasinya, penggunaan blok tenji menjadi keharusan di Kereta Api Nasional Jepang. Pada 1985 penggunaan lebih luas di Jepang.

Kemudian, pada tahun 2010, Asosiasi Prefektur Okayama untuk Tunanetra mendaftarkan pada 18 Maret sebagai Hari Blok Tenji. Sebuah monumen untuk tempat kelahiran Blok Tenji diluncurkan di persimpangan Harojima di Naka Ward.


Akhirnya, pada 18 Maret 2019, Google Doodle menghormati Miyake dengan membuat animasi pendek seseorang dengan tongkat penyelidik dipindahkan di atas blok tenji.

Blok tenji sudah tidak asing lagi di trotoar maupun stasiun di kota-kota besar. Bentuk blok tenji yakni garis panjang untuk jalan lurus. Sedangkan garis bulatan-bulatan untuk berhenti atau belok. Hal inilah membuat tunanetra mudah berjalan.

Seiichi Miyake sendiri kini telah tiada. Dia menutup mata pada 10 Juli 1982.
(nwy/imk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed