DetikNews
Selasa 19 Maret 2019, 13:58 WIB

Lebaran 2019, Pendaftaran Online Mudik Gratis Kemenhub Dibuka Besok

Eva Safitri - detikNews
Lebaran 2019, Pendaftaran Online Mudik Gratis Kemenhub Dibuka Besok Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub Budi Setiyadi (Foto: Eva Safitri/detikcom)
Jakarta - Pemerintah menyiapkan 1.200 bus untuk pelayanan mudik gratis Lebaran 2019 ke 40 kota tujuan. Pendaftaran online akan dibuka besok.

Dirjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Budi Setiyadi mengatakan pendaftaran mudik gratis bisa dilakukan secara manual dan online. Pendaftaran online, jelas Budi, akan dibuka pada Kamis (20/3).

"Jadi mendaftarkannya sama seperti yang tahun lalu karena ini sudah kita pastikan, yaitu mudikgratis.dephub.go.id ini online. Mulai besok untuk online," kata Budi saat konferensi pers di kantor Kemenhub, Jl Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Rabu (19/3/2019).


Sedangkan pendaftaran manual, jelas Budi, belum dipastikan waktunya. Pihaknya akan berkoordinasi dengan dinas perhubungan di daerah terlebih dulu, namun diperkirakan akan dibuka pada awal April 2019.

"Kalau manualnya nanti ada di dinas perhubungan daerah, nanti kita kontrak di Kemenhub, termasuk dengan dinas perhubungan akan membuka pendaftaran secara manual. Kalau manual tunggu kontrak, sekitar awal April," ucapnya.

Pemberangkatan penumpang akan dijadwalkan tiga hari sejak H-6 lebaran, yaitu pada 30 dan 31 Mei, dan dilanjutkan pada 1 April 2019. Budi menyebut pemberangkatan bus akan dilakukan di lima titik wilayah Jabodetabek.

"Ada di Monas, Bogor di Stadion Pakansari, ada juga di Depok, kemudian Tangerang di kantor Pemda Kabupaten Tangerang, dan Bekasi titik ya di lapangan Summarecon Bekasi, jadi Jabodetabek ada semuanya pemberangkatan," katanya.


Sedangkan untuk kepulangan dijadwalkan pada 7 dan 8 Juni 2019. Titik arus balik akan juga dilakukan di lima titik.

"Terus untuk arus balik akan dilakukan di Terminal Bulupitu Purwokerto, Terminal Mangkang Semarang, Terminal Giwangan Yogyakarta, Terminal Tirtonadi Solo, dan Terminal Giri Adipura Wonogiri," papar Budi.
(eva/idh)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed