Belanja Kain Tradisional Sulbar, Mufidah Beli Kain untuk Jusuf Kalla

Nur Azizah Rizki Astuti - detikNews
Selasa, 19 Mar 2019 13:40 WIB
Mufidah Jusuf Kalla tengah memilih kain. (Nur Azizah Rizki Astuti/detikcom)
Mamuju - Ketua Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) Mufidah Jusuf Kalla bertemu dengan para perajin dan pegiat UMKM di Sulawesi Barat. Mufidah membeli beberapa kain tradisional khas provinsi tersebut.

Mufidah berkeliling ke beberapa stan perajin setelah menyaksikan fashion show berbahan sarung Mandar dalam pembukaan acara Sinergi Program Kementerian Koperasi dan UKM dengan Dekranas dan Tim Penggerak PKK. Mufidah tampak berhenti di salah satu stan penjual kain tradisional Polewali Mandar dan membeli kain untuk suaminya, Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK).


Belanja Kain Tradisional Sulbar, Mufidah Beli Kain untuk Jusuf KallaMufidah Jusuf Kalla (Foto: Nur Azizah Rizki Astuti/detikcom)

"Untuk Pak JK, dia belikan harga Rp 250 ribu. Ini bahan baju, dari sutra dengan sintetis. Yang asli 2 untuk Ibu JK, terus Pak JK 1. Beli 10 potong, ada yang harga Rp 250 ribu, harga Rp 400 ribu, dan Rp 600 ribu," ujar pemilik stan, Jaslipa, di Hotel d'Maleo, Mamuju, Sulawesi Barat, Selasa (19/3/2019).

Menurut Jaslipa, Mufidah berpesan agar perajin seperti dia lebih memperkaya motif kain dan menggunakan bahan yang lebih bagus. Jaslipa pun tampak senang saat Mufidah membeli beberapa kain yang dijualnya.

"Alhamdulillah, kami merasa bersyukur dari khusus dari perajin Polewali Mandar, kami sangat bersyukur dengan kedatangan Ibu Dekranas. Dan mudah-mudahan kami lebih maju lagi dan bisa meningkatkan sutra-sutra Mandar ke depan," tuturnya.

Mufidah juga tampak berbincang dengan penenun bernama Damaris. Mufidah menanyakan bagaimana cara kerja alat yang biasa digunakan untuk menenun kain tenun sekomandi khas Mamuju ini.

Mufidah lalu membeli selembar kain tenun sekomandi dari stan milik Bungalia. Kain itu bisa digunakan untuk selendang ataupun pajangan.

Belanja Kain Tradisional Sulbar, Mufidah Beli Kain untuk Jusuf KallaMufidah Jusul Kalla (Foto: Nur Azizah Rizki Astuti/detikcom)


"Cuma satu, yang ini Rp 750 ribu. Bisa pajangan, bisa untuk selendang. Ini tenun asli Mamuju, namanya tenun sekomandi. (Pesan Mufidah) Bagus, pokoknya kembangkan terus, ini bagus. Bikin tas lah atau apa," ucap Bungalia di lokasi yang sama.

Selain mengunjungi stan kerajinan kain, Mufidah berbincang dengan beberapa pegiat UMKM yang memiliki produk usaha kue brownies, kopi, maupun jamur. Mereka tampak antusias berdialog dengan istri Jusuf Kalla ini. (azr/dhn)