DetikNews
Selasa 19 Maret 2019, 12:35 WIB

Dubes Australia Sambangi MUI Bahas Teror di Masjid New Zealand

Adhi Indra Prasetya - detikNews
Dubes Australia Sambangi MUI Bahas Teror di Masjid New Zealand Duta Besar Australia untuk Indonesia Gary Quinlan menyambangi kantor MUI. (Adhi Indra Prasetya/detikcom)
Jakarta - Duta Besar Australia untuk Indonesia Gary Quinlan menyambangi kantor Majelis Ulama Indonesia (MUI). Pertemuan salah satunya membahas peristiwa penembakan di Masjid Al Noor dan Linwood di Christchurch, Selandia Baru, pada Jumat (15/3).

Gary Quinlan tiba di Kantor Pusat MUI, Jl Proklamasi, Jakarta Pusat, Selasa (19/3/2019). Dia langsung masuk ke lift untuk bertemu dengan pihak MUI.


Ketua Hubungan Luar Negeri dan Kerja Sama Internasional MUI Muhyiddin Junaidi mengatakan Gary Quinlan memang sengaja meminta waktu untuk bertemu dengan MUI. Ada sejumlah hal yang ingin dia sampaikan.

"Insyaallah beliau memang minta waktu kepada MUI untuk menjelaskan kasus yang terjadi di Selandia Baru," kata Muhyiddin kepada wartawan sebelum pertemuan berlangsung.

"Mudah-mudahan nanti pertemuan dengan pimpinan MUI akan ada penjelasan yang lebih detail mengapa justru ada orang Australia yang membunuh umat Islam sedang salat di Selandia Baru, kenapa bukan orang Selandia Baru, itu permasalahannya," sambungnya.


Muhyiddin menambahkan sebenarnya Duta Besar Selandia Baru untuk Indonesia juga berencana hadir dalam pertemuan ini. Namun karena satu dan lain hal, dia batal datang dan diwakilkan.

"Beliau adalah Jack Lee, Sekretaris Pertama Kedutaan New Zealand, menyampaikan bahwa duta besar tidak bisa hadir dan beliau ada kepentingan dengan MUI tentang urusan pengiriman pemotong hewan halal dan masalah ekonomi," ucapnya.
(hri/fdn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed