detikNews
Senin 18 Maret 2019, 18:03 WIB

TKN Jelaskan Beda Badan Riset yang Dijanjikan Ma'ruf dengan Dewan Riset

Ahmad Bil Wahid - detikNews
TKN Jelaskan Beda Badan Riset yang Dijanjikan Maruf dengan Dewan Riset Ma'ruf Amin saat debat (Foto: Grandyos Zafna)
Jakarta - Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo-Ma'ruf menjelaskan perbedaan Dewan Riset Nasional dengan Badan Riset Nasional yang dijanjikan Ma'ruf Amin saat debat cawapres. TKN menegaskan Badan Riset yang diwacanakan Ma'ruf bukan sebuah lembaga baru.

"Dewan Riset itu sebetulnya kewenangannya hanya memberikan masukan-masukan, sementara kalau badan ini bukan lembaga baru yang nanti mengkoordinasikan lembaga riset yang ada supaya lebih terarah," kata juru bicara TKN Jokowi-Ma'ruf, Ace Hasan Syadzily di posko Cemara, Jakarta Pusat, Senin (18/3/2019).



Ace mengatakan, saat ini di kementerian-kementerian sudah punya lembaga riset masing-masing. Keberadaan Badan Riset Nasional itu nantinya akan mengefisien fungsi lembaga-lembaga tersebut.

"Justru ini lebih mengefisienkan fungsi dari lembaga riset yang selama ini ada di berbagai macam kementerian dan lembaga, saya kira tidak ada lembaga riset. Di tiap-tiap kementerian kan pasti ada Litbangnya," ujarnya.



Selain itu, keberadaan Badan Riset Nasional juga diharapkan memberi dampak positif pada dunia usaha. Hal itu pula yang akan menjadi pembeda antara Badan Riset dengan Dewan Riset.

"Usulannya Ma'ruf Amin itu jelas bahwa badan riset nasional ini bukan seperti dewan, kalau dewan kan hanya memberikan, tapi ini lebih bisa misalnya menggandeng dunia usaha yang disebut oleh Ma'ruf Amin DUDI, istilah yang keren sekali itu," ucapnya.



Cawapres Ma'ruf Amin sebelumnya menjanjikan pembentukan Badan Riset Nasional (BRN). Menurut Ma'ruf, badan itu akan memaksimalkan hasil riset nantinya dan menyatukan lembaga-lembaga riset di Indonesia.

"Akan kami bentuk Badan Riset Nasional," ucap Ma'ruf di panggung debat di The Sultan Hotel, Jakarta, Minggu (17/3/2019).



Tonton juga video Intip Tips Sehat ala Maruf Amin:

[Gambas:Video 20detik]


(abw/imk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com