BNPB Tambah Fasilitas MCK dan Air Bersih untuk Pengungsi Banjir Sentani

Wilpret Siagian - detikNews
Senin, 18 Mar 2019 14:54 WIB
Foto: Kepala BNPB Letjen TNI Doni Monardo jumpa pers di Jayapura (Wilpret-detik)
Jayapura - Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen TNI Doni Monardo menyatakan, timnya masih melakukan evakuasi korban banjir bandang Sentani, Jayapura. Pihaknya juga akan terus menyediakan kebutuhan para pengungsi.

"Pemerintah daerah, TNI dan Polri juga pihak lainnya terus bekerja, mengevakuasi para korban, menambah fasilitas MCK, sanitasi, air hangat untuk para bayi, selimut, makanan nutrisi dan lainnya, ini juga harapan dan keluhan warga yang mengungsi," kata Doni dalam jumpa pers di RS Bhayangkara Jayapura, Senin (18/3/2019).

Doni menambahkan, sebanyak 4 ribuan lebih warga mengungsi. Sedangkan korban, hingga hari ini 79 orang meninggal yakni 72 orang meninggal di Kabupaten Jayapura dan tujuh orang di Kota Jayapura.



"Berdasarkan data siang ini sekitar pukul 13.30 WIT, tercatat korban jiwa sebanyak 72 orang di wilayah Kabupaten Jayapura dan 7 orang di Kota Jayapura. Total 79 orang," tutur Dony.

"Sebanyak 4.728 orang mengungsi yang terdampak korban banjir bandang di Kabupaten Jayapura," sambungnya.



Sementara soal logistik permintaan warga yang sedang mengungsi di beberapa titik di Kabupaten Jayapura, Doni mengaku sudah ada penanganan yang baik oleh pihak terkait.

Doni juga memberi apresiasi kepada pasukan TNI dan petugas gabungan lainnya dalam menangani banjir Sentani.

"TNI dan Polri cepat tanggap, serta instansi pemerintah lainnya yang langsung terjun ke lapangan membantu para korban yang terdampak banjir bandang di Kabupaten Jayapura," katanya.


Saksikan juga video 'Penampakan Keganasan Banjir Bandang di Jayapura':

[Gambas:Video 20detik]

(rvk/asp)