DetikNews
Senin 18 Maret 2019, 14:30 WIB

Warga Polman Sulbar Temukan Tokek Aneh

Abdy Febriady - detikNews
Warga Polman Sulbar Temukan Tokek Aneh Foto: Tokek aneh di Polewali Mandar (Abdy-detikcom)
Polewali Mandar - Warga Dusun Kannusuang, Desa Pulliwa, Kecamatan Bulo, Polewali Mandar, digegerkan dengan penemuan seekor tokek, dengan sejumlah keanehan tubuhnya. Tokek ini aneh karena warna dan bentuk ekornya beda dari yang lain.

Selain karena jari-jari keempat kakinya yang terlihat disatukan oleh selaput, dan warna kulit yang menyerupai kulit pohon, ekor tokek yang satu ini juga memiliki bentuk yang tidak biasa, terlihat bergerigi mirip ekor buaya.

Tokek dengan keanehan fisik ini, ditemukan oleh Muhammad Nur Ichwan (40 tahun), beberapa hari yang lalu, saat menebas dedaunan di kebun jati miliknya.

Heboh, Warga Polewali Temukan Tokek Aneh Berekor Mirip BuayaFoto: Tokek aneh di Polewali Mandar (Abdy-detikcom)




"Usai menebas, saya melihat ada daun tergeletak di tanah yang terus bergerak, pas saya ambil dibaliknya ada tokek yang terus menggeliat karena badannya terjepit ranting pepohonan," kata Ichwan, ketika dijumpai wartawan di rumahnya, Senin (18/03/19).

Ketika diperhatikan, ayah dua anak ini mengaku kaget, lantaran Tokek yang ditangkapnya, tidak terlihat seperti tokek pada umumnya.

"Makanya langsung saya masukkan ke dalam karung, karena bentuknya tidak biasa, khususnya pada bagian ekor yang terlihat seperti ekor buaya," sambung Ichwan.

Ichwan mengaku sempat meragukan binatang yang ditangkapnya adalah tokek, apalagi saat pertama kali ditemukan, tokek ini memiliki warna keputihan, yang perlahan berubah seperti sekarang ini menyerupai kulit kayu.


Heboh, Warga Polewali Temukan Tokek Aneh Berekor Mirip BuayaFoto: Tokek aneh di Polewali Mandar (Abdy-detikcom)


"Tapi selama di rumah, tokek yang satu ini tetap mengeluarkan suara seperti tokek pada umumnya, cuman bedanya, tokek ini terlihat lebih agresif," ujarnya.

Sejak kabar penemuan tokek ini beredar luas di masyarakat, banyak warga yang berdatangan, sekedar untuk melihat secara langsung tokek yang dikabarkan memiliki ekor seperti ekor buaya ini. Rencananya tokek ini akan dipelihara, dan akan diserahkan jika ada warga yang ingin meneliti keanehan tokek yang satu ini.


(rvk/asp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed