DetikNews
Senin 18 Maret 2019, 09:23 WIB

Jokowi Sampaikan Dukacita untuk Korban Banjir Bandang Sentani

Danu Damarjati - detikNews
Jokowi Sampaikan Dukacita untuk Korban Banjir Bandang Sentani Presiden Jokowi (Noval/detikcom)
Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan ucapan dukacita untuk pihak korban banjir bandang di Sentani, Kabupaten Jayapura. Banjir itu telah menewaskan puluhan orang.

"Dukacita mendalam kepada seluruh keluarga korban banjir bandang di Sentani, Papua," kata Jokowi via akun Twitter resminya, @jokowi, Senin (18/3/2019) pagi.


Dia menyampaikan proses evakuasi masih terus dilakukan. Semua pihak bergotong-royong untuk menangani kondisi di kawasan Sentani.

"Saat ini sementara proses evakuasi para korban dilakukan, penanganan bencana banjir langsung dikerjakan oleh tim gabungan Kementerian PUPR, BNPB dan BPBD, TNI, Polri, relawan, dan warga setempat," kata Jokowi.

Jokowi Sampaikan Duka Cita untuk Korban Banjir Bandang SentaniIlustrasi Papua yang digunakan Jokowi saat sampaikan duka cita untuk korban banjir Sentani. (Twitter/@jokowi)

Sejauh ini, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyatakan ada 58 korban jiwa akibat banjir bandang di Sentani. Pencarian masih terus dilakukan dan jumlah korban kemungkinan masih terus bertambah.


Banjir yang terjadi sejak Sabtu (16/3) malam itu dipicu oleh intensitas hujan yang tinggi. Faktor penting yang membuat banjir begitu dahsyat adalah botaknya Pegunungan Cycloops. Akibatnya, longsor gampang terjadi.

"Kemudian digunakan untuk beberapa kebun, ladang dan sebagainya sehingga kerusakan hutan sudah berlangsung beberapa tahun sebelumnya," tutur Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho saat jumpa pers di Gedung BNPB, Jl Pramuka Raya, Jakarta, Minggu (17/3) kemarin.



Simak Juga Videonya di 20detik:

[Gambas:Video 20detik]


(dnu/aan)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed