DetikNews
Minggu 17 Maret 2019, 20:48 WIB

Debat Cawapres

Tingkatkan Riset RI, Sandi Janji Sambungkan Sistem Pendidikan dan Lapangan Kerja

Dwi Andayani - detikNews
Tingkatkan Riset RI, Sandi Janji Sambungkan Sistem Pendidikan dan Lapangan Kerja Sandiaga Uno (Grandyos Zafna/detikcom)
Jakarta - Cawapres Sandiaga Uno membeberkan komitmen RI di bidang riset dan teknologi. Sandi berjanji menyambungkan sistem pendidikan dengan lapangan kerja.

Hal itu disampaikan Sandi di debat cawapres 2019 di Hotel Sultan, Jakarta, Minggu (17/3/2019), saat menjawab pertanyaan soal prediksi pendapatan domestik bruto Indonesia menembus 5 besar pada 2045 dengan syarat pembangunan berbasis ilmu pengetahuan, teknologi, inovasi, dan riset menjadi kebutuhan utama.

"Untuk mencapai posisi lima besar di 2045, kita harus membangun manusia kita. Sistem pendidikan kita harus menyambung dengan lapangan kerja, inovasi riset teknologi jadi investasi, harus kita lakukan," kata Sandiaga.


Sandiaga mengatakan, untuk mencapai prediksi itu, bukan hanya soal besaran anggaran. Sandi ingin ada sinergi dan konsolidasi yang lebih baik ke depannya.

"Bukan hanya besarannya, kita bicara 1 persen atau mungkin 2 persen anggaran kita kita alokasikan ke riset dan teknologi, tapi menurut saya yang harus kita fokuskan bagaimana mengkonsolidasikan agar dunia usaha, akademik, dan pemerintah memiliki satu sinergi karena banyak hasil riset teknologi ternyata tidak bersambung atau tidak sinergis dengan apa yang dibutuhkan dunia usaha," sebut Sandi.


Seperti Apa Visi Misi Sandi? Simak Videonya:

[Gambas:Video 20detik]


(gbr/van)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed