DetikNews
Minggu 17 Maret 2019, 20:43 WIB

Ucapkan Selamat Ultah ke Ma'ruf, Sandi Dinilai Menyerang Secara Santun

Noval Dhwinuari Antony - detikNews
Ucapkan Selamat Ultah ke Maruf, Sandi Dinilai Menyerang Secara Santun Sandiaga Uno (Grandyos Zafna/detikcom)
Jakarta - Cawapres Sandiaga Uno membuka sambutan debat cawapres Pilpres 2019 dengan memberi ucapan selamat ulang tahun kepada Ma'ruf Amin. Ungkapan Sandi dinilai bermuatan serangan yang dilakukan secara santun.

"Bisa terlihat Sandiaga melancarkan serangan tidak langsung dengan mengucapkan selamat ulang tahun bagi Pak Kiai. Dengan itu memori pemilih bahwa kiai sudah berumur dan beda diferensiasi dengan kiai dari sisi usia kembali di-refresh, sambil dalam waktu yang sama mengesankan Sandi sebagai tokoh yang santun," kata Direktur Eksekutif Median Rico Marbun kepada wartawan, Minggu (17/3/2019).


Sementara, Rico melihat Ma'ruf ingin menonjolkan sisi ulamanya. Hal itu ditandai dengan sisipan hadis yang ada dalam sambutan Ma'ruf Amin.

Rico MarbunDirektur Eksekutif Median Rico Marbun (Ari Saputra/detikcom)

Rico melihat hal ini sebagai upaya untuk menarik pemilih muslim. Di sisi lain, Rico memandang Ma'ruf juga membangun branding dengan mengungkap prestasi dari capres petahana Joko Widodo.


"KH Ma'ruf sangat terlihat ingin memaksimalkan diferensiasinya sebagai ulama. Appeal pada pemilih muslim dimaksimalkan dengan banyak mengutip hadis dan argumen keagamaan. Dari sisi konten yang dilakukan oleh kiai dengan mem-branding prestasi Jokowi dengan teks-teks keagamaan," tutur Rico.
(jbr/tor)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed