DetikNews
Minggu 17 Maret 2019, 20:40 WIB

Di Panggung Debat, Sandiaga Ungkap Kisah Bu Lis yang Tak Di-cover BPJS

Dwi Andayani - detikNews
Di Panggung Debat, Sandiaga Ungkap Kisah Bu Lis yang Tak Di-cover BPJS Sandiaga di panggung debat cawapres (Grandyos Zafna/detikcom)
Jakarta - Cawapres Sandiaga Uno kembali mengungkap kisah masyarakat di panggung debat. Kali ini yang diungkap adalah kisah Bu Lis dari Sragen.

"Kisah yang dihadapi Ibu Lies di mana program pengobatannya harus terhenti karena tidak di cover oleh BPJS itu tidak boleh lagi kita tolerir Indonesia. Apalagi akan menjadi negara-negara yang ekonominya nomor lima terbesar di dunia di 2045," tutur Sandiaga dalam debat di Hotel Sultan, Jakarta, Minggu (17/3/2019).

Sandiaga menyatakan persoalan yang berkaitan dengan BPJS Kesehatan ini akan diselesaikan apabila dia dan Prabowo Subianto menang dalam Pilpres 2019.

"Dalam 200 hari, akar masalah dari BPJS Kesehatan ini akan dihentikan," kata Sandiaga.



Sandiaga mengatakan persoalan lain berkaitan dengan keuangan BPJS juga akan diselesaikan.

"Tenaga kesehatan harus dibayar tepat waktu, obat harus dibayar tepat waktu, tidak boleh ada antrean panjang," tutur Sandiaga.

Mengenai sosok Lis ini pernah diunggah Sandi di akun Facebook miliknya. Kata Sandi saat itu, Lis merupakan pengidap kanker payudara yang obatnya tidak di-cover oleh pemerintah.

"Saya bertemu dengan Ibu Liswati, penderita kanker payudara yang biaya obatnya tidak di-cover oleh pemerintah. Hal ini sangat memberatkannya sebagai warga kecil. Beliau ingin mendapatkan keadilan untuk pelayanan kesehatan. Insyaallah, Bu, kami akan perjuangkan masalah ini. Saya dan Pak Prabowo Subianto akan memperbaiki tata kelola BPJS karena sistem BPJS kesehatan ini seharusnya dibuat untuk memudahkan masyarakat dalam memperoleh akses kesehatan, bukan malah menyusahkan. Ke depan, kami pastikan tidak ada rumah sakit dan puskesmas yang diutangi lagi, dan kami pastikan pelayanan kesehatan tidak hanya diberikan ke kelas menengah ke atas, tapi juga untuk seluruh kalangan masyarakat yang membutuhkan seperti Bu Liswati," kata Sandiaga di akun Facebooknya pada 30 Desember 2018.


Visi Misi Sandi: Pendidikan Tuntas Berkualitas, Lapangan Kerja Luas
(dwia/fjp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed