Latihan Debat, Sandiaga Praktikkan Masukan dari AHY

Marlinda Oktavia Erwanti - detikNews
Minggu, 17 Mar 2019 14:25 WIB
Sandiaga Uno (Screenshot video Sandiaga)
Jakarta - Debat antarcawapres akan digelar malam ini. Cawapres Sandiaga Uno pun melakukan persiapan di kediamannya di kawasan Jakarta Selatan.

Dari video yang diterima detikcom, Minggu (17/3/2019), Sandiaga tampak tengah membaca materi-materi debat yang akan dia sampaikan nanti malam melalui iPad-nya. Sandiaga, yang mengenakan kemeja biru dan celana berwarna khaki, tampak berlatih di ruang makan.

Sandiaga berlatih sendirian. Eks Wagub DKI itu tampak mondar-mandir di ruang makan sembari melatih cara menyampaikan argumennya saat debat nanti malam.


Latihan Debat, Sandiaga Praktekkan Masukan dari AHYFoto: Screenshot video Sandiaga

Tak hanya mempelajari materi debat dan melatih cara menyampaikan argumen, Sandiaga juga mempraktikkan masukan-masukan yang diberikan Ketua Kogasma Partai Demokrat (PD) Agus Harimurti Yudhoyono. Sandiaga menyampaikan ada beberapa masukan penting dari AHY yang akan diterapkannya saat debat nanti.

"Ini ada masukan bagus dari Mas AHY," kata Sandiaga.

"Nah ini first and last impression kata Mas AHY paling penting. Kedua, membangun argumen yang kuat dan menyiapkan jawaban yang efektif dan fleksibel," sambungnya.


Selain itu, kata Sandiaga, yang paling penting saat debat nanti adalah dia harus bersikap sopan, mengingat dia akan berhadapan dengan Ma'ruf Amin.

"Yang ketiga penting sekali, sopan, be polite, karena kita harus menempatkan diri berhadapan dengan pak kiai tentunya. Terus, jangan lupa kami ini adalah challenger yang bukan incumbent yang menantang. Jadi masyarakat ingin melihat bagaimana secara kuat kita punya energi, semangat, dan juga passion secara positif untuk menawarkan satu perubahan. Keempat, confident, yakin, percaya diri, secara fisik dan mental. Dan terakhir memakai akal sehat dan struktur 1-2, 1-2," tuturnya.



Tonton juga video Wejangan AHY ke Sandi Jelang Debat Cawapres:

[Gambas:Video 20detik]



Seperti diketahui, debat malam ini akan digelar di Hotel Sultan, Jakarta. Debat ketiga ini akan bertemakan pendidikan, kesehatan, ketenagakerjaan, serta sosial dan budaya. Acara debat akan disiarkan secara langsung di Trans TV, Trans 7, CNN TV Indonesia, dan detikcom. (mae/imk)