DetikNews
Sabtu 16 Maret 2019, 22:13 WIB

Sekjen Kemenag Diklarifikasi KPK soal Pengisian Seleksi Jabatan

Adhi Indra - detikNews
Sekjen Kemenag Diklarifikasi KPK soal Pengisian Seleksi Jabatan Jumpa pers Menag soal OTT Romahurmuziy dan dua pejabat Kemenag/Foto: Adhi Indra Prasetya/detikcom
Jakarta -

Sekjen Kementerian Agama (Kemenag) M Nur Kholis Setiawan diklarifikasi KPK hingga Sabtu (16/3) dini hari. Nur Kholis mengaku ditanya soal seleksi jabatan di Kemenag terkait kasus dugaan suap dengan tersangka M Romahurmuziy dan dua pejabat Kemenag.

"Intinya tentu lebih banyak menanyakan tentang proses di dalam seleksi itu, dari awal sampai akhir dan sudah saya jelaskan semuanya kepada mereka," ujar Nur Kholis kepada wartawan di kantor Kemenag, Jl MH Thamrin, Jakarta, Sabtu (16/3/2019).

Selain itu, Nur Kholis menyebut KPK menyegel tiga ruangan yakni ruangan kerja dirinya, ruang Menag dan ruang Kepal Biro Kepegawaian.



"Yang kami lakukan tentu menjawab pertanyaan dari penyelidik karena tahapannya adalah penyelidik setelah saya mendampingi tim penyelidik menyegel kantor kementerian agama, baik ruang kerja Pak menteri, ruang kerja saya, dan ruang kepala biro kepegawaian," katanya.

KPK sebelumnya menyebut ruangan di Kemenag disegel karena diduga menyimpan bukti dalam kasus dugaan suap anggota DPR yang juga eks Ketum PPP Romahurmuziy (Rommy).

"(Disegel) karena tim penyidik dan penyelidik menduga di dalam situ ada bukti-bukti yang bisa mendukung ungkap kasus secara tuntas," ujar Wakil Ketua KPK Laode M Syarif dalam jumpa pers di gedung KPK.



Romahurmuziy ditetapkan sebagai tersangka penerima suap total Rp 300 juta. Diduga Romahurmuziy membantu seleksi jabatan Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Gresik Muhammad Muafaq Wirahadi dan Kepala Kantor Wilayah Kemenag Jawa Timur Haris Hasanuddin.

Muafaq dan Haris juga ditetapkan KPK sebagai tersangka. Muafaq diduga memberi duit Rp 50 juta pada Jumat (15/3) ke Rommy, sedangkan Haris diduga menyetor duit Rp 250 juta ke Rommy pada 6 Februari 2019.




(fdn/jbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed