DetikNews
Sabtu 16 Maret 2019, 14:23 WIB

Jokowi Bekali Caleg di Sumut: Lawan Emak-emak Hoax Door to Door

Ray Jordan - detikNews
Jokowi Bekali Caleg di Sumut: Lawan Emak-emak Hoax Door to Door Joko Widodo (Jokowi) kampanye di Medan, Sumatera Utara. (Foto: Ray Jordan/detikcom)
Medan - Capres petahana Joko Widodo (Jokowi) menghadiri kegiatan kampanye di Medan, Sumatera Utara. Jokowi bertemu dan memberikan pembekalan terhadap caleg Koalisi Indonesia Kerja.

Jokowi tiba di lokasi acara di Hotel JW Marriot, Medan, Sumatera Utara pukul 11.15 WIB, Sabtu (16/3/2019). Jokowi tampak mengenakan kemeja putih lengan panjang.

Jokowi memasuki lokasi acara didampingi oleh tokoh ulama Sumut, Syekh Ali Akbar Marbun dan Wakil Ketua TKN Koalisi Indonesia Kerja Moeldoko, serta Ketua Tim Kampanye Daerah (TKD) Sumatera Utara Ivan Iskandar Batubara.



Begitu memasuki ruang acara, Jokowi disambut meriah oleh para caleg. Lagu kampanye 'Ayo Pilih Jokowi' pun diperdengarkan. Banyak para caleg yang berjoget mendengar lagu disko dangdut tersebut.

Para caleg dan pendukung Jokowi langsung mendekat dan mengerumuni Jokowi. Mereka berebut untuk bersalaman dan foto bersama. Beberapa kali Jokowi yang memegang ponsel pendukungnya itu untuk berfoto bersama.

Ada sekitar 20 menit Jokowi meladeni permintaan salam dan foto tersebut. Setibanya di panggung, acara dibuka dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya dilanjutkan dengan pembacaan doa.

Ketua TKD KIK Sumut Ivan Iskandar Batubara mengatakan, ada 2.500 caleg yang hadir dalam acara tersebut. Selain itu hadir juga pata perwakilan relawan pendukung Jokowi.

"Kami ingin tidak hanya bertatap muka tapi juga ingin mendapat pembekalan dan pencerahan agar kami mendapat kesabaran dan keteguhan di lapangan, agar kami lebih mencintai negeri. Pengalaman bapak menjadi modal teguh bagi kami agar dapat memenangkan Pak Jokowi-KH Ma'ruf Amin di Sumatera Utara, meski hasil survei sudah menunjukkan hasil kemenangan untuk 01," ujar Ivan.

Joko Widodo (Jokowi) menghadiri kegiatan kampanye di Medan, Sumatera Utara.Joko Widodo (Jokowi) menghadiri kegiatan kampanye di Medan, Sumatera Utara. Foto: Ray Jordan/detikcom


Sementara itu, dalam sambutannya Jokowi mengingatkan soal waktu pencoblosan yang semakin dekat. Ada tugas khusus bagi para caleg dan relawan yang harus dilakukan.

"Tugas kita pertama, ini adalah penting sekali, karena yang kita hadapi sekarang ini di muka kita adalah hoax," kata Jokowi.



Jokowi kemudian menjabarkan beberapa hoax yang menyerang dirinya, seperti isu antek asing, anggota PKI hingga soal adanya larangan azan dan menghapus pendidikan agama di kurikulum sekolah.

"Kalau kita balas, kita jelaskan dengan logika-logika sederhana pasti bisa meluruskan. Dilawan, dilawan, dilawan," kata Jokowi.

Jokowi juga mengatakan, hoax yang tersebar soal dirinya tidak hanya di media sosial. Tetapi hoax soal dirinya dilakukan lewat cara dari pintu ke pintu alias door to door.

"Hoax, kabar fitnah ini bukan saja di medsos tapi dari door to door. Hati-hati. Saudara-saudara tahu ada emak-emak yang hoax dari pintu ke pintu? Hati-hati, ini yang harus dilawan, dilawan, dilawan, dilawan, dilawan. Ini bisa menggerus suara caleg, bisa menggerus suara partai. Hati-hati," jelas Jokowi.
(jor/idn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed