DetikNews
Sabtu 16 Maret 2019, 11:18 WIB

Saksikan Live Streaming Debat Cawapres Ma'ruf Amin vs Sandi di detikcom!

Jabbar Ramdhani - detikNews
Saksikan Live Streaming Debat Cawapres Maruf Amin vs Sandi di detikcom! Debat Cawapres (Edi Wahyono/detikcom)
Jakarta - Lanjutan debat Pilpres 2019 akan kembali digelar besok. Kali ini debat hanya akan diikuti Ma'ruf Amin dan Sandiaga Uno. Para pembaca bisa menyaksikan debat ketiga ini secara live streaming di detikcom.

Tema debat pilpres ketiga ini akan digelar di Hotel Sultan, Jakarta, Minggu (17/3). Kedua calon wakil presiden akan bicara soal pendidikan, kesehatan, ketenagakerjaan, serta sosial dan budaya.

Timses masing-masing sudah bicara soal materi yang akan diangkat kedua capres. Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo-Ma'ruf Amin maupun Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno mengatakan masing-masing jagoan mereka akan bicara mengenai tenaga kerja.


Jubir TKN, Ace Hasan Syadzily, mengatakan Ma'ruf akan bicara soal manfaat tiga 'kartu sakti' baru. 'Kartu sakti' pertama yang bakal dijelaskan adalah Kartu Pra-Kerja.

"Kami akan menyampaikan upaya serius pemerintahan Jokowi dalam menciptakan ketersediaan lapangan kerja dan upaya mendorong agar anak-anak muda terampil, memiliki skill, dan upskilling dengan berbagai program pelatihan keterampilan. Salah satunya adalah program Kartu Pra-Kerja," kata Jubir TKN Ace Hasan Syadzily saat dihubungi, Sabtu (16/3/2019).


Ace mengatakan Ma'ruf akan menjelaskan para pemegang Kartu Pra-Kerja itu nantinya bakal diberikan pelatihan dan pendidikan keterampilan kerja sesuai dengan kebutuhan industri. Kartu Pra-Kerja ini juga disebut bakal meningkatkan kapasitas berwirausaha bagi para pemegangnya.

Selain itu Ma'ruf juga akan bicara soal sumber daya manusia (SDM) premium, yaitu SDM unggulan yang merupakan lulusan kampus berkualitas. Jokowi-Ma'ruf ingin meningkatkan dana untuk pendidikan dan penelitian. Pada bidang pendidikan inilah Ma'ruf bakal bicara soal manfaat Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah. Dia juga menyatakan Ma'ruf bakal menyampaikan manfaat program Kartu Sembako Murah hingga peningkatan pelayanan kesehatan.

Sementara itu, BPN mengatakan Sandiaga bakal memaparkan sejumlah program unggulan, salah satunya soal penyediaan lapangan kerja lewat wirausaha di era digital. BPN menilai yang jadi tantangan saat ini yakni soal ketenagakerjaan.


"Ya kan hasil survei menunjukkan begitu, salah satu masalahnya kan lapangan kerja, lapangan kerja itu bukan jadi pekerja tapi wirausaha. Dan kita tertinggal wirausaha kita dibandingkan dengan negara lain, ini lah yang antara lain akan disampaikan oleh Pak Sandi membangun entrepreneurship yang inovatif di era digital ini," kata Juru Debat BPN Prabowo-Sandiaga, Sodik Mujahid, saat dihubungi, Jumat (15/3/2019).

Sodik mengatakan program yang dipaparkan Sandiaga itu ditujukan untuk mendorong Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) dalam mempercepat munculnya para wirausahawan muda. Terkait nama program, dia mengatakan Sandiaga bakal mengumumkannya saat debat.


Dia menyatakan Sandiaga juga akan membahas program Prabowo-Sandiaga di bidang pendidikan. Salah satunya ialah program menghubungkan dunia sekolah dengan dunia kerja dan memperkuat nilai Pancasila serta karakter bangsa.

Acara debat akan disiarkan secara langsung di Trans TV, Trans 7, CNN TV Indonesia, dan detikcom. Debat akan dimulai pada pukul 20.00 WIB.
(jbr/tor)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed