DetikNews
Jumat 15 Maret 2019, 17:34 WIB

4 Pengungsi Afghanistan Diduga Selingkuhi Istri Warga Pekanbaru

Chaidir Anwar Tanjung - detikNews
4 Pengungsi Afghanistan Diduga Selingkuhi Istri Warga Pekanbaru Foto: ilustrasi selingkuh (Andhika-detik)
Pekanbaru - Sebanyak 4 pria pengungsi asal Afghanistan melakukan perbuatan asusila. Mereka melakukan perbuatan tercela dengan wanita Indonesia yang berstatus punya suami.

"Kita lagi menangani kasus asusila yang dilakukan 4 pengungsi Afghanistan. Mereka ini semuanya berstatus lagi single," kata Kepala Rumah Detensi Imigrasi (Rudenim) Pekanbaru, Junior M Sigalingging dalam jumpa pers di Pekanbaru, Jumat (15/3/2019).

Junior menjelaskan, ke empat pria tersebut adalah, Esmatullah Ghulami (21), Ahmad Shah Rezaie (22), Qurban Ali Ibrahim (26) dan Mustafa Ahmadi (25). Mereka selama ini ditempatkan di sejumlah rumah khusus pengungsi.



"Karena ada kasus ini, maka mereka kita tarik ke sini (Rudenim) untuk ditempatkan di ruang khusu," kata Junior.

Junior merincikan satu persatu kasus asusila yang dilakukan para pengungsi ini. Kejadiannya pada 25 Februari 2019, Esmatullah membawa motor dengan wanita ke mini market.

"Petugas kita langsung menghampiri dan memberikan teguran. Akan tetapi saat ditanya petugas yang bersangkutan melakukan perlawanan, langsung kita jemput," kata Junior.

Kasus kedua atas nama pengungsi Ahmad Shah Rezaie pada Rabu 27 Februari 2019. Pihak Rudenim menerima laporan dari warga soal hubungan khusus antara pengungsi dengan warga Pekanbaru.



"Atas informasi itu tim kita melacak keberadaannya. Pengungsi ini diduga melakukan tindak pidana susila dengan seorang wanita Indonesoa yang statsunya istri sah WNI," kata Junior.

Selanjutnya pengusngi atas nama Qurban kejadian 28 Februari 2019. Khusus yang satu ini, statusnya dua hari keluar dari tempat pengungsian tanpa ada izin dari pihak Rudenim.

Kasus terakhir atas nama Mustafa Ahmadi. Dalam kasus ini, Mustafa diduga selingkuh dengan seorang istri di Pekanbaru.

"Warga Pekanbaru itu mengklaim pengungsi Ahmadi memiliki hubungan khusus dengan istrinya," kata Junior.

Karena terjadi keributan, katanya, tim Rudenim mendatangi tempat pengungsian tersebut. Warga Pekanbaru tadi menunjukan bukti-bukti dugaan istrinya berselingkuh dengan pengungsi.

"Soal dugaan pengungsi punya hubungan khusus dengan wanita tersebut, suaminya akan melaporkan kasus tersebut ke pihak kepolisian. Untuk kasus tersebut, tentunya itu menjadi wilayah pihak kepolisian. Kami di sini hanya akan melakukan pembinaan karena mereka sudah melanggar tata tertib yang kita lakukan," tutup Junior.


(cha/rvk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed