DetikNews
Jumat 15 Maret 2019, 16:37 WIB

Kutuk Penambakan di Selandia Baru, Ma'ruf Amin: Orang Salat Kok Ditembak?

Ahmad Bil Wahid - detikNews
Kutuk Penambakan di Selandia Baru, Maruf Amin: Orang Salat Kok Ditembak? Ma'ruf Amin (Indra Komara/detikcom)
Jakarta - Cawapres Ma'ruf Amin kaget atas penembakan dalam masjid di Selandia Baru. Dia juga mengutuk tindakan keji itu.

"Saya kira (kejadian di) Selandia Baru itu kita betul-betul kaget, masih ada upaya merusak tatanan kemanusiaan, orang lagi salat kok ditembak? Saya mengutuk perbuatan itu. Karena itu, kita harus waspada terhadap kelompok teroris," kata Ma'ruf di kediamannya, Jalan Situbondo, Jakarta Pusat, Jumat (15/3/2019).


Ma'ruf juga meminta pemerintah memastikan warga negara Indonesia yang ikut jadi korban. Dia mengatakan melindungi warga negara yang ada di luar negeri merupakan tanggung jawab pemerintah.

"Karena saya dengar di sana ada warga negara Indonesia, supaya pemerintah mengusut dan bisa mencari tahu bagaimana nasib WNI itu tadi. Jadi kita wajib melindungi warga negara kita siapa pun dia di luar negeri," ujarnya.

Ma'ruf menyebut pemerintah Indonesia terus menangkal tindakan teroris. Penangkapan terduga teroris di Sibolga, menurutnya, merupakan bukti kerja pemerintah.

"Kalau kita kan terus melakukan upaya-upaya penangkalan, perlindungan, kemudian juga upaya-upaya penangkalan terhadap paham radikalisme. Kemudian juga melakukan upaya deradikalisasi supaya mereka bisa kita kembalikan mereka yang terpapar, kemudian melakukan tindakan-tindakan terhadap langkah-langkah terorisme, seperti kemarin di Sibolga dan Pekanbaru juga," ucapnya.


Sebanyak 49 orang tewas dalam aksi penembakan di Selandia Baru. Salah seorang pelaku menayangkan aksi brutalnya via layanan live streaming di internet. Video live streaming berdurasi 17 menit itu telah dihapus dari internet oleh otoritas terkait.

Tayangan livestream itu dimulai dengan pelaku mengemudikan mobilnya ke Masjid Al Noor di Deans Ave, Christchurch. Pelaku kemudian terlihat memarkirkan mobilnya di dekat jalan masuk ke masjid. Mobil yang dikemudikan pelaku, sebut The New Zealand Herald, berisi sejumlah senjata api dan amunisi yang diletakkan di kursi penumpang bagian depan.


Simak Video 20detik: Teror Penembakan di Masjid, Hari Tersuram di Selandia Baru

[Gambas:Video 20detik]


(abw/idh)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed