DetikNews
Jumat 15 Maret 2019, 16:28 WIB

Ada Penembakan di Masjid Selandia Baru, DMI Minta Umat Islam Tetap Tenang

Kanavino Ahmad Rizqo - detikNews
Ada Penembakan di Masjid Selandia Baru, DMI Minta Umat Islam Tetap Tenang Penembakan di Selandia Baru (Foto: Reuters)
Jakarta - Penembakan brutal di dua masjid di Christchurch, Selandia Baru, menyebabkan 49 orang meninggal dunia. Dewan Masjid Indonesia (DMI) menyampaikan dukacita atas banyaknya korban yang tewas akibat insiden tersebut.

"Innalillahi wainnailaihi rojiun, atas nama pribadi dan Dewan Masjid Indonesia saya menyampaikan belasungkawa sedalam-dalamnya bagi seluruh umat muslim yang menjadi korban penembakan brutal di Masjid Al Noor dan Masjid Linwood Selandia Baru usai menjalankan salat Jumat," kata Wakil Ketua Umum DMI, Syafruddin, dalam keterangannya, Jumat (15/3/2019).



Syafruddin mengajak seluruh umat Islam di Indonesia mendoakan korban yang meninggal dunia. Dia juga meminta warga muslim di Indonesia tetap tenang.

"Saya minta kepada seluruh umat muslim untuk tetap tenang dan tidak mengambil langkah-langkah yang melanggar aturan," tegas Syafruddin.



Sebelumnya diberitakan, pelaku penembakan brutal di sebuah masjid di Christchurch, Selandia Baru, sempat menayangkan aksi brutalnya via layanan live streaming di internet. Video live streaming berdurasi 17 menit itu telah dihapus dari internet oleh otoritas terkait.

Seperti dilansir media lokal Selandia Baru, The New Zealand Herald, Jumat (15/3/2019), dalam live streaming itu, pelaku menyebut namanya sebagai Brenton Tarrant. Nama itu mengarah kepada seorang pria kulit putih berusia 28 tahun kelahiran Australia.

Dubes RI untuk Selandia Baru di Wellington, Tantowi Yahya, menyatakan ada 2 WNI yang turut menjadi korban luka dalam serangan itu. "Informasi terbaru, ada 2 WNI yang menjadi korban," kata Tantowi Yahya saat dihubungi detikcom.


Simak Juga 'Duka Mendalam Jokowi bagi Korban Penembakan di Selandia Baru':

[Gambas:Video 20detik]


(knv/fjp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed