DetikNews
Jumat 15 Maret 2019, 11:50 WIB

Bertemu JK, Menlu Afghanistan Puji Peran RI dalam Perdamaian di Negaranya

Muhammad Fida Ul Haq - detikNews
Bertemu JK, Menlu Afghanistan Puji Peran RI dalam Perdamaian di Negaranya (Foto: Muhammad Fida/detikcom)
Jakarta - Wakil Presiden Jusuf Kalla (Wapres JK) menerima kunjungan Menteri Luar Negeri (Menlu) Afghanistan Salahuddin Rabbani. Rabbani menyampaikan apresiasi atas bantuan Indonesia dalam mewujudkan perdamaian di Afghanistan.

"Mereka menyampaikan ucapan sekali lagi terima kasih kepada Indonesia yang sudah sejak awal memberikan dukungan yang luar biasa terhadap proses perdamaian di Afghanistan," kata Menlu Retno Marsudi usai mendampingi JK dalam pertemuan tersebut di Istana Wapres, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Jumat (15/3/2019).


Wapres Jusuf Kalla Bertemu Menlu AfghanistanWapres Jusuf Kalla Bertemu Menlu Afghanistan Foto: Muhammad Fida/detikcom


Retno mengatakan Afghanistan juga mengajak kerja sama trilateral dengan negara lainnya yang belum disebutkan terkait pertemuan ulama. Dia mengatakan penyelenggaraan kegiatan tersebut sangat penting untuk membangun kepercayaan antar negara.

"Jadi arti dari penyelenggaraan trilateral ulama ini sangat berguna dalam konteks trust building," ucap Retno.



Pemerintah Indonesia juga siap membantu Afghanistan dalam bidang pendidikan. Retno mengatakan 100 mahasiswa Afghanistan akan diberi beasiswa untuk belajar pertambangan.

"Kerja sama capacity building di bidang mining. Oleh karena itu pemerintah Indonesia sudah siap untuk menawarkan 100 beasiswa dalam sektor mining," sebut Retno.


(fdu/knv)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed