Kabar Gembira! Depok Bakal Punya Koridor LRT Harjamukti-Pondok Cina

Matius Alfons - detikNews
Kamis, 14 Mar 2019 20:44 WIB
Foto: Ilustrasi
Depok - Ada kabar gembira bari warga Kota Depok. Kereta ringan atau light rail transit (LRT) akan melintasi jantung Kota Depok dengan koridor tersendiri.

"Jadi dalam rencana induk transportasi Jabodetabek (RITJ), sudah ada rencana koridor LRT Harjamukti-Pondok Cina. Saat ini sedang disusun missibility-nya," kata Kadishub Depok Dadang Wihana saat dihubungi detikcom, Kamis (14/3/2019).

Dadang mengatakan, saat ini rencana koridor tersebut masih dalam pengkajian. Pihaknya belum bisa memperkirakan berapa nilai investasi untuk rencana proyek tersebut.

"Kalau Depok kita lagi akan menyusun kajian kira-kira railway seperti apa yang bisa dikembangkan di kota Depok, jalan yang berbasis rel gitu kan. Bukan Pemkot Depok akan bangun LRT, enggak gitu ya," sambungnya.



Menurut Dadang, keputusan RITJ ini tertuang dalam Perpres No 55 Tahun 2018 yang disebutkan terkait dengan RITJ ada jaringan LRT. Dadang menegaskan, LRT ini masih dalam tahap pengkajian.

"Masih sedang disusun, ada rencana tindak, business plan-nya belum keliatan ya, saya belum liat," tuturnya.

Saat ini, rel LRT yang melintasi Kota Depok hanya di perbatasan Depok-Jakarta Timur saja yakni di Cibubur. Warga Depok bisa mengakses LRT melalui Halte Taman Wiladatika.

(mea/mea)