Banyak Orang Dermawan di Indonesia, Cari Relawan Tidak Sulit

ADVERTISEMENT

Banyak Orang Dermawan di Indonesia, Cari Relawan Tidak Sulit

Muhammad Idris - detikNews
Kamis, 14 Mar 2019 16:54 WIB
Foto: Dok ACT
Jakarta - Direktur Komunikasi Aksi Cepat Tanggap (ACT), Nurman Priatna Fatah, menyebut kalau mencari orang yang ingin jadi relawan bukanlah perkara sulit. Selain kepribadian suka menolong, Indonesia juga bisa dibilang punya banyak orang dermawan.

"Gampang, beneran deh cari relawan di Indonesia itu mudah. (Dibandingkan di luar negeri) di Indonesia lebih mudah. Pas di Palu atau Lombok, mudah carinya, ribuan orang gabung jadi relawan," ucap Nurman ditemui di Jalan Palestina, Cinere, Depok, Rabu (13/3/2019).

Bahkan, lanjut dia, banyak orang yang menjadi relawan di lembaganya rela meninggalkan kehidupan yang sudah sedemikian nyaman.

"Ada koki foodtruck punya kita, itu dia dari chef hotel bintang lima. Rela dia tidur di dalam truk. Kemudian dokter kita yang tugas di Rohingya, itu dokter kepercayaannya keluarga wakil presiden, rela dia tinggalkan itu," ungkap Nurman.


Diceritakannya, banyak pula orang di Indonesia berhati dermawan. Mereka rela mendonasikan hartanya, meski secara ekonomi bisa dianggap kurang mampu.

"Saya contohkan di pasar Aceh, kita kumpulkan donasi beras. Pas mau kita tutup, ada kakek-kakek pakaiannya lusuh dan jalannya pincang datang ke kita, dikira mau minta, ternyata dia kasih sekantong beras buat dikasihkan ke orang Afrika," ujar Nurman.

"Kalau bagi konglomerat, menyumbang miliaran itu nilainya bisa jadi cuma sepersekian hartanya. Tapi bagi kakek itu, meski cuma sekantong beras, mungkin bagi dia itu harta berhargannya buat dia sambung hidup," katanya lagi.

(idr/mpr)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT