DetikNews
Kamis 14 Maret 2019, 15:47 WIB

Kapal Tenggelam di Ambon, 5 WNA dan Seluruh Penumpang Selamat

Muslimin Abbas - detikNews
Kapal Tenggelam di Ambon, 5 WNA dan Seluruh Penumpang Selamat Penumpang dan ABK KM Mersia yang tenggelam di Ambon bertahan di atas life raft (Foto: dok Basarnas Ambon)
Ambon - Seluruh penumpang KM Mersia yang tenggelam di perairan bagian selatan Pulau Ambon berhasil dievakuasi. Total korban yang dievakuasi berjumlah 14 orang, termasuk 5 warga negara asing (WNA), setelah sempat bertahan di sekoci selama beberapa jam.

"Ya, mereka bertahan di life raft (sekoci) sejak kami terima laporan sekitar jam 07.00 WIT dan ditemukan sekitar pukul 10.00 WIT," ucap Kabasarnas Ambon, Muslimin, ketika dihubungi detikcom, Kamis (14/3/2019).

Kapal Tenggelam di Ambon, 5 WNA dan Seluruh Penumpang SelamatProses evakuasi penumpang KM Mersia yang tenggelam di Ambon (Foto: dok Basarnas Ambon)
Para penumpang KM Mersia itu dievakuasi menggunakan KN SAR 235 Abimanyu. Saat proses evakuasi, Muslimin menyebut tinggi gelombang di lokasi lebih dari 2 meter.

"Penumpang semuanya naik di atas kapal (evakuasi) dan langsung (dievakuasi) menuju (Pelabuhan) Yos Sudarso Ambon," kata Muslimin.




Ketika tim SAR tiba di lokasi tersebut, KM Mersia disebut Muslimin sudah karam. "Kapal tidak ada lagi, sudah tenggelam," imbuh Muslimin.

KM Mersia sebelumnya dikabarkan tenggelam saat berlayar dari Pelabuhan Tulehu menuju Pulau Banda. Disebutkan ada 5 WNA di kapal tersebut yaitu Jean Claude Phillipe asal Belanda, Marinda Edison asal Filipina, Mohammed Hasasan asal Qatar, Edwin Josse Bisslik asal Qatar, dan Antoni Albet Aubrey asal Republic of Seychelles.

Kapal Tenggelam di Ambon, 5 WNA dan Seluruh Penumpang SelamatPenumpang dan ABK KM Mersia yang tenggelam di Ambon bertahan di atas life raft (Foto: dok Basarnas Ambon)

Selain itu, ada seorang pemandu wisata bernama Andi Nasir Hamadin serta 8 ABK, termasuk nakhoda.

KM Mersia dilaporkan angkat jangkar dari Pelabuhan Tulehu, Rabu (13/3) pukul 19.00 WIT. Saat berlayar ke Pulau Banda, kapal mengalami mati mesin di Perairan Selatan Ambon. Kapal tersebut dilaporkan berada pada koordinat 4 21.239 S - 128 09'.663 E. Jarak tempuh sekitar 45 NM dari Pulau Ambon dan waktu tempuh kurang-lebih dua jam.
(dhn/rvk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed