Warga di Cinere Depok Bantu Perjuangan Palestina Lewat Mural

Muhammad Idris - detikNews
Kamis, 14 Mar 2019 13:05 WIB
Foto: ACT
Depok - Banyak cara dilakukan warga Indonesia mengungkapkan rasa simpati pada kondisi Palestina. Seperti yang dilakukan warga di Kelurahan Pangkalan Jati, Cinere, Depok, Jawa Barat. Para pemuda karang tarunanya melukis mural dukungan Palestina di jalan lingkungan mereka.

Koordinator seniman mural setempat, Riza, mengaku warga sekitar memang sudah lama berempati pada perjuangan bangsa Palestina atas pendudukan Israel. Bahkan, jalan yang jadi akses masuk ke pemukiman mereka juga diberi nama Jalan Palestina.


Jalan yang menuju ke pemukiman warga ini merupakan jalan sempit selebar 3 meter yang jadi akses tembus Jalan Pangkalan Jati ke Jalan Rangu Raya. Gambar mural dengan tema semangat perjuangan warga Palestina menghiasi tembok pembatas pemukiman di kiri-kanan jalan.

"Kita gunakan warna dominan merah yang menonjol. Salah satu contohnya mural stop bombing Gaza, karena gambar di sini dipilih tidak untuk memperlihatkan kesedihan di sana, tapi untuk memperlihatkan semangat warga Gaza," terang Riza, Selasa (13/3/2019).

Heroik, Cara Warga 'Palestina' di Cinere Bela Perjuangan GazaFoto: ACT

Dia bersama puluhan pemuda setempat, berinisiatif membuat mural di sepanjang Jalan Palestina dengan dibantu lembaga kemanusiaan Aksi Cepat Tanggap (ACT). Baik warga maupun kelurahan menyambut baik aksi menggambar mural di gang tersebut.

"Kita menggunakan cetakan langsung di tembok dengan scan image, langsung dibuat sketsa, tidak menggunakan proyektor sebagaimana mural umumnya, karena memang lokasi jalannya sempit. Kita pilih warna semangat, terus ada juga yang menggambarkan perjuangan teman-teman Palestina di sana," tutur Riza.


Direktur Komunikasi ACT, Nurman Priatna mengungkapkan, warga di Jalan Palestina sudah peduli pada masalah Palestina sejak puluhan tahun silam. Dia mengapresiasi aksi anak muda di kawasan pemukiman tersebut dalam membela Palestina, tak hanya lewat sumbangan langsung maupun doa.

Heroik, Cara Warga 'Palestina' di Cinere Bela Perjuangan GazaFoto: ACT

"Dunia akan tahu ada Jalan Palestina di Pangkalan Jati, yang mengangkat tangan mendoakan Palestina supaya benar-benar terbebas dari segala kezaliman dan dari penjajahan. PBB melansir di tahun 2015, pada tahun 2020 mendatang Gaza diprediksi tak bisa dihuni lagi. Kekejamam terus berlaku, serangan gempuran udara selalu terjadi, begitu juga Yerusalem," ujar Nurman.
(idr/mpr)