DetikNews
Rabu 13 Maret 2019, 21:16 WIB

Jokowi Takjub Pedagang Ikan Beromzet Rp 40 Juta Sehari di Pasar Muara Baru

Noval Dhwinuari Antony - detikNews
Jokowi Takjub Pedagang Ikan Beromzet Rp 40 Juta Sehari di Pasar Muara Baru Foto: Noval/detikcom
Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Pasar Ikan Modern (PIM) Muara Baru, Jakarta Utara. Jokowi pun sempat kaget ada pedagang ikan yang mampu menjual ikan 500 kilogram hingga 1 ton per hari.

Jokowi meresmikan Pasar Ikan Modern Muara Baru, Jakarta Utara, Rabu (13/3/2019). Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti, Menteri BUMN Rini Soemarno, hingga Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan hadir dalam peresmian tersebut. Jokowi pun menceritakan awal dirinya memerintahkan Susi membuat pasar ikan modern dengan standar internasional.

"Juli 2016, berarti kurang-lebih 2,5 tahun lalu, saya perintahkan Bu Susi. 'Bu (Susi), apakah tidak bisa kita ini bangun pasar ikan modern yang bersih sebersih pasar yang kita lihat di Tokyo, yakni Tsukiji?' Jawaban Bu Menteri bisa," kata Jokowi dalam sambutannya.



Jokowi Takjub ke Pedagang Ikan Omzet Rp 40 Juta Sehari di Pasar Muara BaruFoto: Noval/detikcom

Mendengar jawaban Susi, Jokowi pun memerintahkan Susi segera memulai pembangunan PIM Muara Baru.

"Alhamdulillah sore ini kita memiliki pasar ikan modern (PIM) di Muara Baru, Jakarta. Saya senang. Saya bangga bisa hadir di PIM Muara Baru. Karena kita sudah bisa membalik persepsi. Dulu persepsinya banyak orang, yang namanya pasar ikan pasti kotor, becek, bau," ujarnya.



Jokowi pun memanggil salah seorang pedagang ikan untuk menanyakan kondisi Pasar Ikan Muara Baru yang disebut kini kondisinya lebih baik. Salah seorang pedagang atas nama Jaya Rahmat (Mamat) pun naik ke atas panggung.

"Berapa tahun jualan?" tanya Jokowi kepada Mamat.

"Sejak tahun 1991, 27 tahun," jawab Mamat.



Jokowi Takjub ke Pedagang Ikan Omzet Rp 40 Juta Sehari di Pasar Muara BaruFoto: Noval/detikcom


Jokowi pun menanyakan berapa jumlah ikan yang bisa dijual dalam sehari.

"Sehari bisa jual berapa?" tanya Jokowi ke Mamat.

"Alhamdulillah (banyak) nggak tentu, kadang 500 kilogram, (kadang) sampai 1 ton," jawab Mamat.

Jokowi pun terlihat takjub oleh jawaban Mamat. "Ikan semua itu?" tanya Jokowi memastikan.

Mamat pun mengungkapkan, 1 kilogram ikan dapat dijualnya dengan harga Rp 40 ribu. Jika Mamat berhasil menjual 500 kilogram dalam sehari, dia mampu mendapatkan omzet Rp 40 juta sehari.

"(Rp 40 juta sehari) dikalikan 30 (hari) Rp 1,2 miliar setahun," ucap Jokowi.

Jokowi pun sempat berkelakar dengan menyindir Mamat. "Nggak pernah saya diantar ikan dari sini (ke Istana). Padahal sebulan jualannya 400 ton," kata Jokowi dengan canda.

Kepada Jokowi, Mamat mengungkapkan PIM Muara Baru, yang dulu kumuh, kini sudah lebih baik. Kini PIM Muara Baru tidak lagi becek dan berbau. Dia pun menyampaikan beberapa keluhan, di antaranya agar proses pengiriman ikan dapat segera dilakukan.

"Kita sebagai pedagang mohon diberi fasilitas yang baik. Ikan supaya cepat jadi kiriman. Pedagang kan inginnya jangan dipersulit," tutur Mamat.
(nvl/knv)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed