detikNews
Rabu 13 Maret 2019, 11:01 WIB

BNPB Tunggu Usulan Gubernur Sumsel untuk Kerahkan Heli Water Bombing

Tim detikcom - detikNews
BNPB Tunggu Usulan Gubernur Sumsel untuk Kerahkan Heli Water Bombing Kepala BNPB Doni Monardo (Lamhot Aritonang/detikcom)
Palembang - BNPB belum bisa mengerahkan helikopter water bombing untuk memadamkan kebakaran hutan. Alasannya, BNPB masih menunggu usulan Gubernur Sumsel Herman Deru.

Kepala BNPB Doni Monardo mengatakan, untuk pelaksanaan water bombing atau pemadaman titik api dari udara menggunakan heli, harus ada permintaan resmi dari daerah.

"Untuk pelaksanaan pemadaman titik api melalui udara, pihaknya masih menunggu usulan dari Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Herman Deru," kata Doni di Palembang, yang dilansir Antara, Rabu (13/3/2019).



Meski belum ada usulan, Doni memastikan, sebelum memasuki musim kemarau, water bombing tersebut sudah siap dilaksanakan. Doni juga meminta BPBD Sumsel tak hanya menjadi penolong pada setiap bencana alam, tapi juga sebagai pemadam kebakaran lahan dan perkampungan supaya tidak meluas.

"Jadi sebulan sebelum memasuki musim kemarau bom air dari udara harus sudah siap," terangnya.

Sementara itu, Kepala BPBD Sumsel H Iriansyah mengatakan daerah Sumsel memang rawan terbakar karena banyak lahan gambut. Iriansyah menambahkan lahan yang rawan terbakar itu tersebar, di antaranya di Ogan Komering Ilir, Musi Banyuasin, Ogan Ilir, Muaraenim, dan Musirawas.
(rvk/asp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed