detikNews
Rabu 13 Maret 2019, 08:01 WIB

Menhub: Bandara Kulon Progo Akan Jadi Andalan Wisata Yogyakarta

Mega Putra Ratya - detikNews
Menhub: Bandara Kulon Progo Akan Jadi Andalan Wisata Yogyakarta Foto: Dok Kemenhub
Jakarta - Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi melakukan peninjauan ke Bandara Kulon Progo, Yogyakarta. Menhub menilai bandara ini bisa membantu konektivitas Borobudur.

"Saya lihat progresnya cukup bagus dan mudah-mudahan bisa segera selesai, karena bandara ini akan menjadi andalan bagi wisata Yogyakarta, terutama konektivitas Borobudur," kata Menhub Budi dalam keterangannya, Rabu (12/3/2019).


Pengerjaan terus dilakukan bukan hanya runway, tapi juga terminalnya yang terus dikebut. Beberapa lampu runway juga sudah terpasang dan faslitas pendukung sudah terlihat mulai dibuat.

"Sesuai arahan Pak Presiden Jokowi, saya ingin Bandara ini segera beroperasi. Karena memang kebutuhan yang sudah sangat mendesak," tegasnya.

Diketahui, New Yogyakarta International Airport (NYIA) atau Bandar Udara Kulon Progo yang terletak direncanakan akan menggantikan Bandar Udara Internasional Adisutjipto yang sudah tidak mampu lagi menampung kapasitas penumpang dan pesawat.


Bandara tersebut berdiri di tanah seluas 600 hektar dan diperkirakan menelan biaya Rp 6 triliun. Bandara tersebut akan memiliki terminal seluas 106.500 meter persegi dengan kapasitas 10 juta penumpang per tahun.

Selain itu, bandara tersebut diperkirakan bakal memiliki hanggar seluas 371.125 meter persegi yang direncanakan bakal sanggup menampung hingga sebanyak 28 unit pesawat.
(ega/mpr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com