DetikNews
Rabu 13 Maret 2019, 08:07 WIB

Anies Imbau Ada Wagub Sebelum Pilpres, NasDem DKI: Kami Sibuk Pemilu

Muhammad Fida Ul Haq - detikNews
Anies Imbau Ada Wagub Sebelum Pilpres, NasDem DKI: Kami Sibuk Pemilu Gedung Balai Kota DKI Jakarta (Ari Saputra/detikcom)
Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meminta proses penentuan wakil gubernur (wagub) dilakukan dengan cepat. Ketua Fraksi NasDem DPRD DKI Jakarta Bestari Barus mengatakan persiapan menyongsong pileg dan pilpres menjadi salah satu kendala.

"Harapan lebih cepat. Tapi kalau ada kendala seperti ini, gimana bisa dipercepat. Kami juga mau sibuk pemilu," kata Bestari kepada detikcom, Selasa (12/3/2019) malam.


Bestari mengatakan alat kelengkapan berupa tata tertib untuk menentukan wagub juga masih belum ada. Dia mengatakan fraksinya akan mengikuti aturan yang ada. "Kan belum lagi bahas tata tertib, ngalir ajalah," sebutnya.

Bestari memprediksi waktu yang kurang sebulan lagi menjelang pilpres tidak bisa terkejar untuk menentukan wagub. Dia justru menyinggung proses internal di partai yang memakan waktu lama saat menentukan nama Agung Yulianto dan Ahmad Syaikhu.

"Kami maunya cepat, tapi dari sananya lambat terus. Coba dari Oktober kan bisa cepet selesai. Jangan lapor rakyat nanti," ucap Bestari.


Sebelumnya, Anies meminta proses pemilihan dilakukan secepatnya. Anies menyebut pemilu pada 17 April 2019 tidak ada hubungannya dengan pemilihan cawagub. Maka, pemilu seharusnya tidak mengganggu proses pemilihan di DPRD DKI Jakarta.

"Bukan sebelum dan sesudah (pemilu). Pilpres kan nggak ada urusannya sama ini. Pilpres, pileg itu peristiwa yang dialami oleh seluruh rakyat. Yang di sini adalah untuk Jakarta, lebih baik prosesnya lebih cepat, sehingga kita pun punya kepastian dari semua proses ini," kata Anies di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Selasa (12/3).



Saksikan juga video 'Bola Panas Wagub DKI di DPRD':

[Gambas:Video 20detik]


(fdu/aan)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed