Menhub Minta Doa Santri agar Pembangunan Bandara Purbalingga Lancar

Mega Putra Ratya - detikNews
Selasa, 12 Mar 2019 22:05 WIB
Foto: dok. Kemenhub
Foto: dok. Kemenhub
Jakarta - Pembangunan Bandara Jenderal Besar Soedirman atau Bandara Wirasaba di Purbalingga, Jawa Tengah, diharapkan rampung sesuai agenda pada 2020. Menhub Budi Karya Sumadi meminta doa kepada para santri Ponpes Minhajut Yholabah agar pembangunan tersebut lancar.

"Saya hadir ke pesantren ini sekalian untuk memastikan pembangunan bandara berjalan sesuai agenda," kata Budi, Selasa (12/3/2019). Menhub didampingi Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Plt Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi.


Di hadapan ratusan santri, Budi mengatakan Bandara Wirasaba akan dibangun mulai April 2019 dan ditargetkan rampung pada April 2020.

"Saya minta doanya agar pembangunan bandara ini selesai dalam waktu satu tahun," pinta Budi.

Kunjungan Budi ini tidak lepas dari keinginan Presiden Jokowi yang ingin Bandara Wirasaba segera terwujud. Diharapkan banyak investor yang akan datang ke Purbalingga.

"Pak Jokowi berpesan segera selesaikan secepatnya Bandara Wirasaba. Saya datang ke sini dan izin Danlanud semoga segera berjalan," ungkapnya.

Bandara Wirasaba, lanjut Budi, ditargetkan selesai dalam waktu satu tahun sejak dimulai pembangunan pada awal April mendatang.

"Landasan akan dibangun sepanjang 1.600 meter, dan saya yakin bandara ini akan mempunyai nilai ekonomis yang sangat tinggi," ujarnya.


"Di sini tidak ada alternatif. Artinya, jarak ke Semarang dan Kulon Progo cukup jauh, maka Bandara Wirasaba ini menjadi sangat potensial," lanjutnya.

Selain itu, di Purbalingga terdapat pabrik-pabrik besar, seperti pembuatan wig dan bulu mata.

"Dan ini sangat potensial, sehingga akan banyak pelanggan baik dari luar maupun dalam negeri akan lebih mudah datang ke sini karena sudah ada bandara," ungkapnya.

Setelah melakukan pengecekan bandara, Budi juga mendatangi masyarakat sekitar yang bekerja dalam program padat karya. Sekitar 50 warga sekitar dipekerjakan untuk membersihkan area yang akan dijadikan proyek bandara dari rumput . (ega/mpr)