DetikNews
Selasa 12 Maret 2019, 16:20 WIB

Ada Wacana Cawagub Dipilih Usai Pilpres, Anies: Lebih Cepat Lebih Baik

Arief Ikhsanudin - detikNews
Ada Wacana Cawagub Dipilih Usai Pilpres, Anies: Lebih Cepat Lebih Baik Anies Baswedan (Foto: dok. Instagram Anies Baswedan)
Jakarta - Beberapa fraksi di DPRD meminta pemilihan cawagub DKI Jakarta dilakukan setelah Pemilu 2019. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meminta proses pemilihan dilakukan secepatnya.

"Sebaiknya, lebih cepat lebih baik," ucap Anies kepada wartawan di Balai Kota DKI Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta, Selasa (12/3/2019).

Anies menyebut Pemilu pada 17 April 2019 tidak ada hubungannya dengan pemilihan cawagub. Maka, pemilu seharusnya tidak mengganggu proses pemilihan di DPRD DKI Jakarta.

"Bukan sebelum dan sesudah (pemilu). Pilpres kan nggak ada urusannya sama ini. Pilpres, pileg itu peristiwa yang dialami oleh seluruh rakyat. Yang di sini adalah untuk Jakarta, lebih baik prosesnya lebih cepat, sehingga kita pun punya kepastian dari semua proses ini," kata Anies.



Anies memberi contoh tindakan yang dia lakukan setelah menerima surat rekomendasi nama Ahmad Syaikhu dan Agung Yulianto sebagai cawagub. Dia langsung mengirim surat ke DPRD.

"Nah karena itulah tentu kita semua warga Jakarta juga berharap ini segera selesai. Saya pun begitu terima surat sudah bilang tuh, begitu terima surat saya langsung antar. Suratnya datang Jumat, hari Senin udah sampai di DPRD pengantar saya," ucap Anies.

Anies pun tak mau buru-buru menyimpulkan apakah ada nama yang akan terpilih atau tidak. Baginya, saat ini proses masih berjalan di DPRD.

"Jangan buru-buru dong, belum paripurnanya. Kita tunggu, kita menghormati Dewan, Dewan sekarang sedang dalam proses penyusunan semacam panitia untuk proses pemilihan, sesudah itu nanti mereka pasti tetapkan tata tertib pemilihan wagub. Setelah ada tatib, baru mulai pelaksanaan pemilihannya. Jadi kita ikuti prosesnya belum sampai ke situ (tidak ada wakil terpilih)," ujar Anies.


Salah satu fraksi yang ingin pemilihan cawagub setelah pemilu adalah PKB. Anggota DPRD dianggap masih dibutuhkan, khususnya untuk kampanye pileg.

"Nanti aja habis pemilu, iya pemilihan wagub habis pemilu. Iya konsentrasi dulu tugas yang lebih penting, selesai perda, selesai ini, tugas Dewan masih banyak. Ditambah lagi sibuk dengan pileg. Selesai pemilu saja. Iya kecuali Pak Taufik yang jadi wagub, langsung PKB setuju," kata Ketua Fraksi PKB DPRD DKI Jakarta, Hasbiallah Ilyas, saat dihubungi, Senin (4/3) malam.


Terungkap! Ini Dua Nama Calon Pengganti Sandiaga di DKI, Simak Videonya:

[Gambas:Video 20detik]


(aik/imk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed