DetikNews
Selasa 12 Maret 2019, 16:08 WIB

Keluarga WNI Korban Ethiopian Airlines Kumpul di Roma Siap Tes DNA

Zakia Liland - detikNews
Keluarga WNI Korban Ethiopian Airlines Kumpul di Roma Siap Tes DNA Serpihan pesawat Ethiopian Airlines. (Foto: REUTERS/Tiksa Negeri)
Jakarta - Keluarga Harina Hafitz, WNI korban pesawat Ethiopian Airlines sudah berada di Roma, Italia. Kementerian Luar Negeri (Kemlu) RI memastikan pihak keluarga Harina siap melakukan proses identifikasi.

"Kemarin adik dari ibu Harlina Hafitz, korban dari pesawat Etiopian Airlines yang meninggal, jatuh pada Minggu (10/3) itu sudah berada di Roma untuk bergabung dengan keluarga, dengan putra-putra dan suaminya ibu Harlina Hafitz," kata Juru Bicara Kemlu RI Arrmanatha Nasir saat jumpa pers di kantornya, Pejambon, Selasa (12/3/2019).




Tata, panggilan Arrmanatha, menuturkan bahwa pihak Kedutaan Besar RI (KBRI) di Roma telah menjelaskan perihal proses identifikasi yang harus dilakukan. Menurut Tata, pihak keluarga siap memberikan sampel DNA.

"Dalam hal ini pihak KBRI Roma juga sudah menyampaikan hal tersebut kepada keluarga dan dapat juga, siap untuk memberikan sampel DNA untuk kepentingan proses identifikasi dari korban itu," jelasnya.




Tata menjelaskan proses identifikasi korban akan dilakukan bersamaan dengan proses investigasi kecelakaan. Namun, proses tersebut belum dilakukan.

"Sampai saat ini proses identifikasi korban belum mulai. Namun, sudah disampaikan oleh pihak Ethiopian bahwa nantinya mereka akan membutuhkan bantuan dari pihak keluarga untuk proses postmortem untuk proses menyampaikan sampel DNA-nya," terang Tata.

Diberitakan sebelumnya, Harina merupakan satu dari tujuh staf World Food Program, badan pangan di bawah PBB yang menumpang pesawat Ethiopian Airlines nomor penerbangan ET-302. Adik laki-laki Harina mengatakan bahwa kakaknya mengikuti pertemuan PBB di Nairobi, Kenya.

"Beliau sempat kirim Whatsapp ke saya hari Sabtu (9/3), memberitahu dapat tugas ke Nairobi. Pesawatnya dari Roma transit dulu di Addis Ababa," papar Hari Lutfi, Senin (11/3) pagi WIB.


Simak Juga 'Harina Jadi Korban Ethiopian Airlines, Keluarga Siap Beri Sampel DNA':

[Gambas:Video 20detik]


(zak/fjp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed