Rasa Syukur Jokowi Setelah Siti Aisyah Bebas dari Hukuman Mati

Ray Jordan - detikNews
Selasa, 12 Mar 2019 15:55 WIB
Presiden Jokowi saat bertemu Siti Aisyah (Foto: Rengga Sancaya/detikcom)
Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan rasa syukur atas bebasnya Siti Aisyah dari ancaman hukuman mati atas dakwaan pembunuhan Kim Jong-Nam di Malaysia. Jokowi turut bersyukur Aisyah bisa berkumpul kembali bersama keluarga.

"Alhamdulillah kita patut bersyukur bahwa Siti Aisyah sudah dapat terbebas dari ancaman hukuman yang sangat berat dan sudah bisa berkumpul kembali dengan keluarganya, bapak, ibu dan kakaknya," kata Jokowi di Istana Merdeka, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Selasa (12/3/2019).




Jokowi mengatakan pembebasan Siti adalah hasil dari proses pendampingan hukum pemerintah kepada WNI di luar negeri. Pengacara sudah mendampingi Siti sejak kasusnya bergulir.

"Ini adalah proses pendampingan hukum dari pemerintah yang sangat panjang yang sangat lama yang terus menerus antara lain lewat pengacara yang itu dilakukan sejak Siti ditangkap," katanya.

Dia juga menegaskan, apa yang dilakukan pemerintah adalah bentuk kepedulian pemerintah terhadap WNI yang bermasalah di luar negeri.




"Ini adalah wujud kepedulian pemerintah terhadap warganya. Dan kemarin secara resmi pemerintah diwakili Kemenlu telah menyerahkan Siti Aisyah kepada keluarganya dan saya ucapkan selamat berkumpul Siti Aisyah dengan keluarganya," jelas Jokowi.

Sebelumnya, Aisyah pulang ke Indonesia pada hari Senin (11/3) setelah dakwaannya dicabut. Sepulangnya di Tanah Air, pemerintah menyerahkan Aisyah kepada keluarganya.


Saksikan juga video 'Siti Aisyah Belum Bebas Murni':

[Gambas:Video 20detik]

(jor/dhn)