DetikNews
Selasa 12 Maret 2019, 12:08 WIB

Sandiaga soal Siti Aisyah: Kebetulan Kayak Pak Prabowo soal Wilfrida

Aditya Mardiastuti - detikNews
Sandiaga soal Siti Aisyah: Kebetulan Kayak Pak Prabowo soal Wilfrida Siti Aisyah (Ari Saputra/detikcom)
FOKUS BERITA: Siti Aisyah Bebas!
Jembrana - Cawapres Sandiaga Uno mengapresiasi pemerintah yang berhasil melobi otoritas Malaysia hingga Siti Aisyah dibebaskan dari dakwaan pembunuhan Kim Jong Nam. Apa yang dilakukan pemerintah, disebut Sandiaga, sama dengan yang sudah dilakukan Prabowo Subianto ketika membantu TKI Wilfrida Soik.

"Saya nggak mau bawa ini ke politik. Kebetulan sama kayak Pak Prabowo bilang Wilfrida ya kebetulan aja. Ini tanggung jawab kita semua Pak Prabowo sudah melakukan, pemerintah sudah melakukan ini tanggung jawab bersama," ujar Sandiaga di Jembrana, Bali, Selasa (12/3/2019).

Namun Sandiaga menegaskan rasa syukurnya atas pembebasan Siti Aisyah. Kasus Siti Aisyah, menurutnya, layak menjadi pengingat masih ada banyak tenaga migran yang keluar negeri untuk mengadu nasib.

"Pertama-tama kita bersyukur Siti Aisyah alhamdulillah bisa terbebaskan dicabut tuntutannya. Kedua ini reminder bahwa kita harus ciptakan lapangan kerja di Indonesia untuk Siti-siti yang lain," sambungnya.


Sandiaga menyebut Siti Aisyah merupakan salah satu contoh warga yang berusaha mencari pekerjaan di negara tetangga. Dia berharap pilihan bekerja di luar negeri menjadi pilihan bukan karena tidak ada lapangan kerja di negeri sendiri.

"Kalau berhasil menciptakan lapangan kerja, tidak perlu jauh-jauh bekerja di negeri orang. Bekerja di negeri orang itu mulia, bukan ke luar negeri karena terpaksa tidak ada lapangan kerja di Indonesia tapi pilihan mereka," tuturnya.

Sandiaga juga menyinggung masih banyak pekerja migran Indonesia yang butuh perlindungan. Kasus Siti Aisyah dia harapkan bisa menjadi pemantik untuk membuka lapangan kerja bagi warga lokal.


"Banyak sekali buruh migran pekerja domestik ya ada di Malaysia, luar negeri lainnya yang butuh perlindungan kita. Kita apresiasi pemerintah, jangan saling menyalahkan menggunakan kesempatan ini mengingatkan kita semua, kita harus all out menciptakan lapangan kerja di dalam negeri, karena kalau Siti Aisyah ada lapangan kerja, misalnya pasti milih di Indonesia, deket sama keluarganya daripada keluar dan tersangkut masalah hukum," paparnya.



Saksikan juga video 'Jokowi soal Bebasnya Aisyah: Ini Proses Panjang, Dia Dimanfaatkan':

[Gambas:Video 20detik]


(ams/fdn)
FOKUS BERITA: Siti Aisyah Bebas!
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed