RSJ di Makassar Siapkan Kamar VIP bagi Caleg Stres, Berapa Tarifnya?

Muhammad Taufiqqurrahman - detikNews
Selasa, 12 Mar 2019 12:00 WIB
Kamar VIP yang disiapkan untuk pasien RSJ berlabel caleg di Makassar. (Muhammad Taufiqqurrahman/detikcom)
Kamar VIP yang disiapkan untuk pasien RSJ berlabel caleg di Makassar. (Muhammad Taufiqqurrahman/detikcom)
Makassar - Rumah Sakit Khusus Daerah Sulawesi Selatan (RSKD Sulsel) atau Rumah Sakit Jiwa Dadi Makassar menyiapkan kamar VIP untuk para calon anggota legislatif (caleg) yang depresi. Kamar itu disebut bak hotel. Memang berapa tarifnya?

Lokasi kamar VIP itu berada di salah satu bangsal rumah sakit yang beralamat di Jalan Lanto Daeng Pasewang, Makassar, Sulsel. Total ada 6 kamar kelas VIP yang disiapkan bagi calon pasien.


"Untuk kelas I ada sekitar 50-60 kamar. Kalau VIP, baru kita rencanakan 6 kamar. Itu kita siapkan sambil kita tata pelan-pelan rumah sakit ini," ujar Direktur RSKD Sulsel Arman Bausat saat ditemui di kantornya, Selasa (12/3/2019).

Arman mengaku menyiapkan kamar itu untuk mengantisipasi caleg yang gagal dalam Pemilu 2019. Dia memperkirakan pasien dengan label caleg akan datang seminggu setelah pencoblosan.

"Kalau tanggal 17 (April) kan belum stres kan. Biasanya satu minggu baru kelihatan gejalanya. Gejalanya kan depresi dulu, diam dulu. Jadi kalau ada orang datang kita siap melayani," ucap Arman.

"Nanti mereka (dokter) akan mentriase, oh ini tingkat stresnya segini, ini agak parah. Kalau dia sangat parah ada juga ICU," imbuh Arman.

Kamar VIP yang sempat disambangi detikcom tampak berukuran luas sekitar 5 x 6 meter. Tembok yang mengelilingi tampak bercat putih, senada dengan lantai kamar.


Tampak ada satu unit kulkas serta televisi di sudut ruangan. Vas bunga juga terlihat disiapkan di kamar itu. Sedangkan kamar mandi berada di ujung ruangan yang dilengkapi dengan kloset jongkok. Terlihat pula AC yang terpasang di bagian dinding kamar.

Lalu berapa tarifnya untuk semalam?

Di salah satu sudut ruangan terdapat papan tulis dengan harga yang telah dipatok untuk VIP, kelas I, dan kelas II. Salah seorang perawat yang ditemui di lokasi memberitahu bila kamar VIP itu diberi tarif Rp 785 ribu per malam, sedangkan kelas I yang bisa diisi dua pasien Rp 300 ribu per malam, dan kelas II dengan harga Rp 200 ribu per malam. (tfq/dhn)