DetikNews
Selasa 12 Maret 2019, 09:37 WIB

Tersenyum, Ratna Sarumpaet Siap Hadapi Sidang Lanjutan

Ibnu Hariyanto - detikNews
Tersenyum, Ratna Sarumpaet Siap Hadapi Sidang Lanjutan Ratna Sarumpaet tiba di PN Jaksel untuk sidang lanjutan, Selasa (12/3). (Ibnu Hariyanto/detikcom)
FOKUS BERITA: Sidang Ratna Sarumpaet
Jakarta - Terdakwa kasus hoax penganiayaan Ratna Sarumpaet menjalani sidang lanjutan di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan hari ini. Agenda sidang hari ini adalah tanggapan jaksa terkait nota keberatan atau eksepsi yang disampaikan Ratna.

Ratna masuk ruang sidang sekitar pukul 09.00 WIB, Selasa (12/3/2019). Ratna dikawal oleh jaksa dari Kejari Jakarta Selatan.

Ratna tampak didampingi oleh sang anak, Atiqah Hasiholan. Ratna tampak santai menjalani sidang kali ini.

"Persiapannya senyum-senyum saja biar happy," ujar Ratna sembari berjalan menuju ruang sidang.


Ratna Sarumpaet didakwa membuat keonaran lewat hoax penganiayaan. Ratna menyebarkan hoax kepada sejumlah orang lewat pesan WhatsApp, termasuk mengirimkan gambar wajah lebam dan bengkak yang diklaim sebagai penganiayaan.

Padahal kondisi bengkak pada wajah Ratna merupakan efek operasi plastik di RS Bina Estetika, Menteng. Jaksa mengungkap Ratna memfoto dirinya saat menjalani perawatan medis, lalu menyebarkan foto ditambah keterangan soal terjadinya penganiayaan.

Dalam persidangan sebelumnya, pengacara Ratna, Desmihardi, menegaskan dakwaan jaksa soal keonaran akibat hoax tidak tepat. Kejaksaan Negeri (Kejari) Jakarta Selatan mengaku siap membuktikan terkait keonaran yang diakibatkan oleh perbuatan Ratna.

"Menurut kami, ada keonaran dan akan dibuktikan dalam materi pokok perkara," ujar jaksa Sarwoto lewat pesan singkat, Senin (11/3/2019).

Dalam perkara ini, Ratna Sarumpaet didakwa dengan Pasal 14 ayat 1 Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1946 tentang Peraturan Hukum Pidana dan/atau Pasal 28 ayat 2 jo Pasal 45 A ayat 2 UU No 19 Tahun 2016 tentang ITE.
(ibh/imk)
FOKUS BERITA: Sidang Ratna Sarumpaet
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed