Kala Kucing-kucing Berlomba Mirip Bobby The Cat Milik Prabowo

Matius Alfons - detikNews
Sabtu, 09 Mar 2019 11:34 WIB
Lomba kucing mirip Bobby The Cat milik Prabowo Subianto. (Alfons/detikcom)
Jakarta - Sahabat Bobby dan Lembaga Komunitas Penyayang Kucing Prabowo Sandi (KPKPS) mengadakan acara lomba kucing mirip Bobby The Cat, kucing milik capres Prabowo Subianto. Lomba ini sekaligus untuk sosialisasi adopsi kucing liar.

Acara yang digelar di area DPP Gerindra, Ragunan, Jakarta Selatan, Sabtu (9/3/2019), ini dimulai dengan senam emak-emak bersama maskot kucing bernama Bobby. Namun Bobby The Cat tak dihadirkan dalam acara ini.

"Iya karena emang nggak boleh keluar dari Kertanegara, dari awal emang nggak diset buat dia (Bobby) dateng, terus pemiliknya juga kan lagi di luar kota. Jadi emang nggak kepikiranlah untuk bawa si Bobby ini. Belum ada izin juga," Ketua Panitia Acara Priscilia Ester Waworuntu kepada wartawan.


Acara dilanjutkan dengan lomba kucing dan fashion show kucing-kucing domestik ataupun ras asli. Saat fashion show, tampak puluhan kucing berjalan di atas karpet merah. Riuh dan gelak tawa penonton juga sempat terdengar ketika kucing-kucing justru berjalan menjauh dari karpet merah.

Di luar panggung acara juga ada stan memandikan kucing, stan vaksin, dan stan dokter kucing. Tampak para tamu yang datang tertarik memanjakan kucingnya.

"Di tengah kampanye yang hangat, kita coba munculkan kampanye yang lebih damai, yang sejuk tentunya, jadi ya kita harapannya semua masyarakat yang penyayang binatang bisa tertarik dengan proses kampanye kita ini," ucap Priscilia.

Priscilia menceritakan awal munculnya ide acara ini karena kucing peliharaan Prabowo bernama Bobby yang sempat viral di media sosial. Kala itu Prabowo memberi makan Bobby saat kucing peliharaannya itu mendekat di sela Prabowo menyambut tamu di kediamannya.

"Di situlah cikal bakal terciptanya Instagram Bobby The Cat. Nah dari situ follower-nya sudah banyak dan kita ingin mengangkat sisi humanis dari Pak Prabowo, jadi kita coba adain baksos hidup bahagia bersama Bobby si kucing," jelas Priscilia.

Selain itu, Priscilia mengatakan, selain menunjukkan sisi Prabowo yang cinta hewan, acara ini untuk menyosialisasi adopsi kucing liar di Jakarta kepada masyarakat.

"Tentunya acara ini juga sekaligus menyosialisasikan citra dari Pak Prabowo yang penyayang hewan. Kemudian ada suatu program Pemda DKI Jakarta tentang pengendalian populasi kucing liar, agar tak liar, dan masyarakat lebih tergerak untuk mengadopsi kucing yang berkeliaran," ucap Priscilia.

Kala Kucing-kucing Berlomba Mirip Bobby The Cat Milik PrabowoFoto: Alfons/detikcom

Sementara itu, salah satu pecinta kucing, Dyah, mengaku memelihara 13 kucing. Salah satu kucing yang dibawa untuk ikut lomba bernama Ciwa Bucil berusia 3 tahun.

"Nama kucingnya Ciwa Bucil, usia hampir 3 tahun, ikut lomba ini agar membuat orang semakin peduli dengan kucing kampung. Banyak sekarang ini kan populasi kucing, tapi banyak yang kurang peduli. Bahkan ada yang abuse animal," tutur Dyah.

Peserta lainnya, Ratri, membawa 3 kucingnya bernama Bandi, Juno, dan Kitti. Ratri ikut acara ini untuk juga bertemu dengan sesama pecinta kucing dan menyosialisasi program steril kucing.

"Selain mau ikut lomba, juga kalau dari teman cat lover, itu bisa edukasi tentang steril," ucap Ratri. (idh/hri)