HUT Ke-39 Dekranas, Mufidah Kalla Bicara Produk Kerajinan RI Kian Bersaing

Farih Maulana Sidik - detikNews
Jumat, 08 Mar 2019 17:34 WIB
Mufidah Jusuf Kalla menghadiri syukuran ulang tahun ke-39 Dekranas. (Foto: dok. Setwapres RI)
Jakarta - Istri Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK), Mufidah Jusuf Kalla, menghadiri syukuran ulang tahun ke-39 Dewan Kerajinan Indonesia (Dekranas). Dalam kesempatan itu, Mufidah, yang juga Ketua Dekranas, mengatakan produk kerajinan dalam negeri saat ini kian bersaing di dunia internasional.

"Perkembangan produk kerajinan semakin lama semakin baik. Tidak kalah bersaing dan mutunya (tidak kalah) dengan produk sejenis dari luar negeri," ujar Mufidah dalam sambutannya pada HUT ke-39 Dekranas di Rumah Kriya Dekranas, Jl. Ampera Raya, Jakarta Selatan, Jumat (8/3/2019).

HUT ke-39 Dekranas, Mufidah Kalla Bicara Produk Kerajinan RI Kian BersaingMufidah Jusuf Kalla menghadiri syukuran ulang tahun ke-39 Dekranas. (Foto: dok. Setwapres RI)
Mufidah mengungkapkan, dalam kurun waktu 39 tahun ini, banyak program dan kegiatan Dekranas bersama Dekranasda (Dekranas daerah) yang dilakukan dengan berkolaborasi bersama instansi mitra Dekranas, baik pemerintah pusat, daerah, maupun lembaga terkait lainnya, seperti perbankan, perusahaan BUMN dan swasta. Ada juga kegiatan yang dilakukan melalui program tanggung jawab sosial perusahaan atau CSR, seperti membina dan mengembangkan produk kerajinan.

"Tahun 2018 Dekranas telah dipercaya menyelenggarakan evaluasi penjurian WCC (World Craft Council) Award. Kami merasa bahagia bahwa Dekranas dapat melaksanakan kegiatan bertaraf internasional tersebut secara profesional dan berhasil dengan baik, di mana 31 dari 49 produk penerima award atau 63,3 persen penerima award tersebut adalah dari Indonesia," kata Mufidah.

HUT ke-39 Dekranas, Mufidah Kalla Bicara Produk Kerajinan RI Kian BersaingMufidah Jusuf Kalla menghadiri syukuran ulang tahun ke-39 Dekranas. (Foto: dok. Setwapres RI)


Atas prestasi itu, Mufidah menilai produk kerajinan Indonesia sudah mampu bersaing di kancah internasional. Dia pun berharap para perajin lainnya dapat lebih berinovasi dan melakukan berbagai kegiatan kreatif lainnya.

"Sehingga semakin banyak produk Indonesia yang berhasil mendapat pengakuan dari WCC atau lembaga internasional lainnya pada masa mendatang," imbuhnya. (nvl/hri)