Elite PAN Prihatin Fenomena Jalan Rusak Berbuah Sindiran Bak Model

Tsarina Maharani - detikNews
Jumat, 08 Mar 2019 14:54 WIB
Saleh Daulay/Foto: Rachman Haryanto
Jakarta - Wasekjen PAN Saleh Partaonan Daulay mengomentari foto-foto viral para ABG yang memprotes jalanan rusak di sejumlah daerah. Menurut Saleh, aksi protes lewat foto-foto itu menunjukkan pembangunan infrastruktur yang dilakukan pemerintah belum merata.

"Aksi-aksi itu adalah sindiran dan protes masyarakat. Jelas, mereka menunjukkan bahwa pembangunan infrastrukur yang ada sekarang belum tepat sasaran dan belum merata," kata Saleh kepada wartawan, Jumat (8/3/2019).


Dia mengatakan Presiden Joko Widodo (Jokowi) terlalu berfokus pada pembangunan yang berorientasi pada keuntungan (profit). Saleh mencontohkan soal pembangunan jalan tol, bandara, dan jalur kereta api.

"Semua berorientasi profit dan hanya bisa dinikmati sebagian kecil masyarakat. Selain itu, pembangunannya melibatkan BUMN, pengusaha, dan investasi asing. Tentu saja orientasinya adalah profit dan pengambilan modal dalam jangka waktu tertentu," tuturnya.

Saleh yakin aksi serupa masih akan terus bermunculan. Sebab, menurut dia, masih banyak jalan-jalan rusak di daerah-daerah lain.


Caleg PAN untuk DPR RI itu pun mencontohkan jalan rusak di daerah pemilihannya, yakni Sumatera Utara II. Selain jalan aspal rusak, Saleh mengatakan masih banyak jalan tanah.

"Di dapil saya saja, sangat banyak jalan-jalan yang rusak. Tidak hanya rusak aspalnya. Bahkan, masih banyak yang masih jalan tanah. Datanglah ke Kabupaten Padang Lawas, Paluta, Madina, Tapsel, Padang Sidempuan, Labuhan Batu Raya, dan Nias. Mestinya, infrastruktur di daerah ini pun ikut menjadi perhatian. Tidak perlu jalan tol, cukup perbaiki jalan-jalan negara yang ada. Kalau bisa, naikkan status jalan provinsi yang ada menjadi jalan negara," kata Saleh.

Dia berharap pemerintah proaktif membereskan persoalan jalan rusak ini. Menurut Saleh, pemerintah tidak perlu menunggu aksi protes terlebih dahulu.

"Jangan tunggu lagi ada aksi-aksi protes berikutnya. Saya lihat, kalau ada aksi begitu langsung direspon. Kalau begitu caranya, nanti orang-orang akan ramai melakukan aksi yang sama," ujarnya.


Belakangan, viral foto para ABG di sejumlah daerah yang memprotes jalanan rusak. Aksi protes itu salah satunya ditunjukan seorang gadis yang mandi lumpur di jalan di Ciamis, Jawa Barat. Pasca foto itu viral, Pemkab Ciamis memastikan Jalan Manganti di Kecamatan Lakbok itu akan segera diperbaiki tahun ini.

Selain itu, juga ada ABG cewek yang menjadi foto model jalan rusak di Ogan Komering Ulu (OKU), Sumatera Selatan. Pemprov Sumatera Selatan pun menargetkan perbaikan jalan terealisasi tahun ini dengan dana yang disiapkan sebesar Rp 500 miliar.


Simak Juga 'Saat Model ABG Bergaya di Kubangan Lumpur Kritik Jalan Rusak':

[Gambas:Video 20detik]

(tsa/fjp)