Anang Tarik Usul RUU Permusikan, Baleg DPR akan Bahas Perubahan Prolegnas

Anang Tarik Usul RUU Permusikan, Baleg DPR akan Bahas Perubahan Prolegnas

Nur Azizah Rizki Astuti - detikNews
Jumat, 08 Mar 2019 13:51 WIB
Foto: Ilustrasi sidang DPR (Lamhot Aritonang)
Foto: Ilustrasi sidang DPR (Lamhot Aritonang)
Jakarta - Anggota Komisi X DPR Anang Hermansyah menarik usulan RUU Permusikan dari Badan Legislasi (Baleg) DPR. Menanggapi hal itu, Baleg akan segera menggelar rapat membahas perubahan Program Legislasi Nasional (Prolegnas).

"Pengusul bisa saja menarik usulan dari Baleg tetapi karena RUU Permusikan sudah masuk dalam Prolegnas nanti secara prosedur harus dilakukan perubahan prolegnasnya terlebih dahulu," kata Wakil Ketua Baleg, Sarmuji, kepada wartawan, Jumat (8/3/2019).


Baleg akan bertemu dengan Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkum HAM) untuk melakukan perubahan Prolegnas. Jika pembahasan telah dilakukan, perubahan Prolegnas akan ditetapkan dalam rapat paripurna.

"Kita akan bertemu dengan pemerintah, dalam hal ini Kemenkum HAM untuk melakukan perubahan Prolegnas 2019. Perubahan ini bukan semata-mata karena adanya penarikan RUU Permusikan tetapi juga karena ada usulan perubahan dari beberapa komisi terhadap Prolegnas Prioritas 2019 serta adanya aspirasi masyarakat," jelasnya.

"Setelah Baleg membahas bersama pemerintah, nanti perubahan Prolegnas akan ditetapkan di rapat paripurna," imbuh Sarmuji.


Sebelumnya, usulan RUU Permusikan yang ada di Badan Legislasi DPR RI akhirnya ditarik Anang Hermansyah. Anang mengatakan masukan dan saran atas materi draf RUU Permusikan serta rencana musyawarah besar (Mubes) komunitas musik menjadi alasan penarikan usulan RUU Permusikan tersebut.

"Agar terjadi kondusivitas di seluruh stakeholder ekosistem musik di Indonesia," kata Anang.

Ketua Badan Legislasi DPR, Supratman Andi Agtas, menyatakan pencabutan usulan itu harus dilakukan melalui rapat kerja bersama pemerintah dan DPD.

"Kalau yang bersangkutan menarik, pasti akan kita keluarkan. Tapi kan nggak bisa seketika, kecuali menjadi keputusan bersama pemerintah dan DPD. Karena kan prolegnas keputusan tiga pihak," kata Supratman kepada wartawan, Kamis (7/3).


Simak Juga 'Alasan Anang Hermansyah Tarik RUU Permusikan dari Prolegnas':

[Gambas:Video 20detik]

(azr/gbr)